PENGUATAN KELEMBAGAAN, ADMINISTRASI DAN PELAPORAN KEUANGAN POS PEMBERDAYAAN KELUARGA

Main Article Content

Sepris Yonaldi

Abstract

Tahun 2012 Gubernur Sumatera Barat berkomitmen menggiatkan kegiatan POSDAYA di 18 Kabupaten Kota dengan ditandai dengan MOU Antara Propinsi Sumatera Barat (LKKS) dengan Universitas Tamansiswa Padang dan beberapa Pergutuan Tinggi dan Pemerintah Daerah kabupaten Kota. Hingga saat ini telah tumbuh dan berkembang lebih kurang 1000 POSDAYA di seluruh daerah Sumatera Barat yang mampu memberdayakan fungsi-fungsi keluarga untuk hidup layak dan sejahtera dari sisik ekonomi, social, agama dan lingkungan. Hasil Identifikasi memperlihatkan bahwa program pemberdayaan masyarakat miskin berbasis keluarga dalam aspek sosial, ekonomi dan lingkungan masih menghadapi beberapa masalah dalam pelaksanaannya. Permasalahan tersebut adalah antara lain: a) kelembagaan kelompombelum  terorganisir  dengan  baik,  sehingga  pengelolaan  organisasi  belum  berjalan dengan semestinya, b)  administrasi belum memenuhi standar yang baik hal ini terlihat dari pencatatan pembukuan keuangan dan pelaporan keuangan yang belum dilakukan dan didokumntasikan dengan semestinya. Untuk menindak lanjui temuan tersebutUnitas Padang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Coaching Clinic Penguatan Kelembagaan, Administrasi  Dan Pelaporan Keungan Pos Pemberdayaan Keluarga. Kegiatan pengabdian ini dilaksnakan selama 3 hari dengan metode ceramah, diskusi, praktek dan persentasi. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari 6 Posdaya masing-masing mewakili 6 Kabupaten Kota se Sumatera Barat yang difasilitasi oleh LKKS Sumatera Barat. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan penguatan  kelembagaan,  administrasi     dan pelaporan keungan bagi Pos Pemberdayaan Keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
YONALDI, Sepris. PENGUATAN KELEMBAGAAN, ADMINISTRASI DAN PELAPORAN KEUANGAN POS PEMBERDAYAAN KELUARGA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 2, n. 2 Septembe, p. 11-16, sep. 2019. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/458>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

References

Damandiri Foundation. (2014). Final report of community empowerment program in Indonesia. Jakarta:Damandiri Foundation.

Damandiri Foundation. Final Report of Community Empowerment Program in Indonesia. Damandiri Foundation, Jakarta, 2013. 21p.

Damandiri Foundation and National Family Planning Coordinating Board. (2010). The village familyempowerment post (Posdaya), invites international observers: MDGs at the grassroots. Yogyakarta,Indonesia.

Damandiri Foundation. (2010). MDGs and the eight functions of Indonesian families: Refreshing the paradigmfor family development. Jakarta: Damandiri Foundation.