SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK DI KELURAHAN BERINGIN RAYA MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Main Article Content

Teguh Adiprasetyo, Bandi Hermawan dan Welly Herman

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilaksanakan di Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Kegiatan pengabdian ini difokuskan ke RT. 04 Kelurahan Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Metode pengabdian yang dilakukan berupa penyuluhan dengan diskusi dan tanya jawab. Kegiatan pengabdian ini memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pengelolaan sampah yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai permasalahan bagi kehidupan manusia yaitu sebagai sumber penyakit antara lain diare, tiphus serta penyakit-penyakit infeksi saluran pernapasan,banjir dan sebagainya. Dampak yang ditimbulkan oleh sampah biasanya lebih banyak  dihadapi oleh penduduk perkotaan, karena kota merupakan wadah konsentrasi penduduk. Oleh karena itu, dilakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan pencerahan tentang pengelolaan sampah organik agar memiliki nilai guna sebagai pupuk organik.  Dari kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat RT. 4 Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu tentang bahayanya sampah dan bagaimana pengelolaan sampah organik agar memiliki nilai guna. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa dari sampah rumah tangga dapat dimanfaatkan menjadi pupuk dan menumbuhkan keinginan dari masyarakat untuk memanfaatkan sampah dimulai dari sampah rumah tangga

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WELLY HERMAN, Teguh Adiprasetyo, Bandi Hermawan dan. SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK DI KELURAHAN BERINGIN RAYA MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 2, n. 2 Septembe, p. 22-27, sep. 2019. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/460>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

References

Ahmizal. 2012. Evaluasi Sistem Pengelolaan Sampah di Kota Bengkulu. Tesis. Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Badan Litbang Pertanian. 2013. Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga untuk Budidaya Tanaman Sayuran Organik di Pekarangan Rumah. Agroinovasi Edisi 17-23 April 2013 No.3503 Tahun XLII.

Kaleka, Nobertus. 2010. Seri Pertanian Modern. Jakarta : Gramedia.20

Khan, Mohd Azam; Ansari, Iqbal Zafar. 2010. Municipal Solid Waste Management in India : A Case Study of Aligarh City. Pranjana Vol. 13 No. 2, Jul-Dec 2010.

Okezone. 2016. Setiap Hari Kota Bengkulu Hasilkan 280 Ton Sampah. https://news.okezone.com/read/2016/02/21/340/1317563/setiap-hari-kota-bengkulu-hasilkan-280-ton-sampah

Supriyatna, Eka Hafizh and Mochammad , Ridwan and Benardin, Benardin. 2014. Evaluasi Sistem Pengelolaan Persampahan di Kota Bengkulu. Tesis. Universitas Bengkulu.