Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair untuk Tanaman Lahan Pekarangan pada Kelompok Wanita Tani Rezeki Bersama Kelurahan Beringin Raya Kota Bengkulu

Main Article Content

Welly Herman Teguh Adiprasetyo

Abstract

Pengabdian tentang pembuatan pupuk organik cair untuk tanaman pekarangan dilaksanakan di Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Pengabdian ini betujuan memberi informasi kepada masyarakat khususnya Kelompok Wanita Tani (KWT) Rezeki Bersama tentang pemanfaatan dan proses pembuatan pupuk organik cair. Pupuk organik cair yang dibuat berasal dari sisa sayuran dan buah-buahan. Pupuk organik cair dapat diaplikasikan untuk tanaman lahan pekarangan dan berfungsi sebagai sumber unsur hara bagi tanaman. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan praktek langsung di lapangan tentang proses pembuatan pupuk organik cair. Tahapan pelaksanaannya adalah melalui metode sosialisasi tentang manfaat limbah sayuran dan buah-buahan sebagai sumber bahan organik untuk pembuatan pupuk organik cair dan manfaat tanaman lahan pekarangan. Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan pemahaman ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Rezeki Bersama terhadap pembuatan pupuk organik cair dapat diterima dan menjadi alternatif dalam pengelolaan limbah sayuran menjadi pupuk organik cair . Bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Rezeki Bersama, teknologi ini akan terus digunakan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan unsur hara bagi tanaman lahan pekarangan yang murah dan ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HERMAN, Welly; ADIPRASETYO, Teguh. Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair untuk Tanaman Lahan Pekarangan pada Kelompok Wanita Tani Rezeki Bersama Kelurahan Beringin Raya Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 3, n. 2 Septembe, p. 1-6, sep. 2020. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/605>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles