Pengaruh Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

  • Budi Yanti universitas tamansiswa padang
  • Rendi Siswanto Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibilty (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu Corporate Social Responsibility (X) dan Nilai Perusahaan (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dimana jumlah sampel sama dengan populasi, metode pengumpulan data yang digunakan adalah regresi linear sederhana, uji t, uji F dan koefisien determinan (R2). Berdasarkan hasil uji yang dilakukan secara parsial dan simultan variabel Corporate Social Responsibilty (CSR) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan  terhadap nilai perusahaan  pada  perusahaan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) karena nilai signifikan < 0,05. Sementara nilai koefisien determinasi terdapat pada nilai adjusted R2 sebesar 19,3% sisanya 80,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


Kata kunci: Corporate Social Responsibilty (CSR) dan Nilai Perusahaan



References

BEI.2016 Annual Report. Diakses dari http://www.BEI.co.id.
Bastian, Indra. 2008. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Betharia. 2011. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Moderator Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI.
Download definisi Corporate Social Responsibility (CSR) di http://id.wikipidia.org/wiki/csr.
Download indikator pengungkapan CSR menurut GRI di http://www.globalreporting.org.
Eugene Brigham, F dan Houston. Joel, F. 2007. Manajemen Keuangan. Buku satu edisi kedelapan diterjemahkan oleh Dodo Suhartono dan Wibowo. Jakarta: Erlangga.
Brigham dan Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi II). Jakarta: Salemba Empat.
Tandelilin, Eduardus. 2012. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio Edisi pertama, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan IV. Semarang; Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Hadi, Nur. (2011). Corporate Social Responsibility edisi Pertama. Yogyakarta :
Graha Ilmu.
Hartono, A dan Martono. 2005. Manajemen Keuangan. Yogyakarta.
http://ejournal.unud.ac.id/absrack/ok%2520wirakusuma-yuniangsih.pdf
Indonesian Capital Market Directory, 2014
, 2015
, 2016
Mulyadi. 2007.Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced
Scorecard . Yogyakarta: STIM YKPN.
Nurlela dan Islahudin. 2008. “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Presentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating”. Simposium Nasional Akuntansi XI.
Saidi, 2007. “Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur go public di BEJ tahun 1997-2002”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 11 No. 1, pp. 44-58
Samsinar, A .Haerani, S dan Pagalung, G.2009.”Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dan Harga Saham”.http://www.pasca.unhas.ac.id/jurnal/file/38fa14eea5a1179442fce7e9d761.pdf.
Sartono, A.2007. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Badan Penerbit UGM : Yogyakarta.
Sembiring, Edi. 2007. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : studi empiris pada perusahaan yang tercatat di BEI)”. Tesis.Semarang : Universitas Diponegoro.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi (editor). 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Sugiono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung:CV. ALfabeta
Sugiyono, 2014. Metode Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung CV. Alfabeta
Suharto, Edi. 2007. Corporate Social Responsibility : What is and Benefit for Corporate. http://www.policy.hu/suharto.

Sunreni. 2010. “Perusahaan Sebelum dan Sesudah Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Industri Pertambangan Yang Terdaftar di BEI”.
Suranta, Sri. 2007. “Analisis Pengaruh Pengungkapan informasi Pertanggungjawaban sosial (Corporate Social Responsibility) terhadap firm Value pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia”. http://www.digilip.ui.ac.id/opac/theme/libri2/abstrakpdf.
Wahyudi dan Azhari. 2008. Corporate Social Responsibility : Prinsip, pengaturan, dan implementasi. Inspire
Wirakusuma, M.G dan Yuniangsih, N.W. 2008. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Coorporate Governance sebagai variabel moderasi”.
Yuliana, Purnomisidi dan Sujoharsono. 2008. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Dampaknya Terhadap Reaksi Investor”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Volume 5–Nomor 1.
Yusrina. 2010. “Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur yang GO Public di Indonesia.
Published
2018-09-28
How to Cite
YANTI, Budi; SISWANTO, Rendi. Pengaruh Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 1-20, sep. 2018. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/296>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jmk.9.3.1-17.2018.