Pengaruh Perceived Value dan Fasilitas terhadap Repurchase Intention Wisatawan di Objek Wisata Gunung Padang

  • Yuni Candra Universitas Tamansiswa Padang
  • Liza Zulbahri Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perceived value dan fasilitas terhadap repurchase intention wisatawan di objek wisata Gunung Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 100 responden, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Dari uji t yang dilakukan didapatkan satu variabel berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention wisatawan di objek wisata Gunung Padang yaitu fasilitas (X2), dan terdapat satu variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention wisatawan di objek wisata Gunung Padang yaitu variabel perceived value (X1). Dari hasil uji F terbukti bahwa variabel perceived value dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention wisatawan di objek wisata Gunung Padang . Hasil koefisien determinasi didapatkan 21,5% sedangkan sisanya 78,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


 


 


 


Kata Kunci : Perceived Value, Fasilitas, Repurchase Intention

References

Angriyani dwi, maidin alimin, noor noer bahry. (2008). “Pengaruh Perceived Value Pasien Umum (Non- Papua) Terhadap Niat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rsud Jayapura”. pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/66a3107 b5474392d08585cf4c8a11c01.pdf

Andayani, Ni Luh. (2014).“Manajemen Pemasaran Pariwisata”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ardhanari Margaretha. (2008), “Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand Preference Dan Repurchase Intention Private Brand”. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol .8 No. 2 September 2008.

Ariyanti Kurnia, Iriani Sri Setyo. (2014).” Pengaruh Persepsi Nilai Dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Beli Kosmetik Organik”. Jurnal Ilmu Manajemen | Volume 2 Nomor 4 Oktober 2014.

Arikunto, Suharsimi. (2010). “Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri sofjan. (2013). “Manajemen Pemasaran”. Jakarta: Rajawali Pers.

Dotulong Angela Della, Sarjono Haryadi. (2016). “Segmentasi Berdasarkan Pengaruh Perceived Value, Store Atmosphere, Dan Product Variation Dalam meningkatkan repurchase intention pada starbucks manado”. Buletin ekonomi vol. 14, No. 2, desember 2016 hal 101-208.

Faradisa Isti, H Leonardo Budi, Minarsih Maria M. (2016), “Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualita Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Café)”. Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.

Haryanto Edy. (2013). “Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado”. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 750-760.

Hurriyanti, Ratih. (2015). “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen”. Bandung: Alfabeta.

Kotler Philip, Keller Kevin Lane. (2009). “Manajemen Pemasaran”. Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2012). “Manajemen pemasaran”. Jilid II. Edisi kesebelas. Alih bahasa benyamin molan. Jakarta: indeks.

Kurniawan albert. (2014). “ Metode Riset Untuk Ekonomi Dan Bisnis”. Bandung: alfabeta.

Lasyakka Bintang, Astuti Endang Siti, Suyadi Imam. (2015). “Faktor - Faktor Kualitas Eservice Yang Berpengaruh Terhadap Perceived Value Pada Website Ecommerce Lazada.Co.Id (Studi Pada Warga Lingkungan rw. 3 Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 24 No. 2 Juli 2015.

Moha Sartika, Loindong Sjendry. (2016). “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado”. Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 575-584.

Prasetyo Stefanus Heri dan Suseno Y. Djoko. (2015), “Pengaruh Perceived ValueTerhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Dengan Word Of Mouth Positif Sebagai VariabelModerasi”. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 15 Edisi Khusus April 2015: 159– 166.

Rohim Abdul, Arvianto Sonny. (2017). “Pengaruh Customer Perceived Value Terhadap Word Of Mouth Dengan Customer Loyalty Sebagai Variabel Mediasi (Study Kasus Di CV Putra Putri)”. Jurnal EKSIS, Vol 12, No 1 April 2017.

Riduwan, Sunarto. (2012). “Pengantar Statistika”. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto danang. (2014). “Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran”. Jakarta: Pt Buku Seru.

Setianingrum Ari, Udaya Jusuf, Efendi. (2015). “Prinsip-Prinsip Pemasaran”. Yogyakarta: AndiOffset.

Sangadji Etta Mamang, Sopiah. (2013), “Perilaku Konsumen”. Yogyakarta: Andi.

Swastha, Basu. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Setiadi Nugroho J. (2010). “Perilaku Konsumen”. Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Media Group.

Siry Maharany Jana, (2015). “Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Tata Rias Pengantin Tunjung Seto Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Mediasi”. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan vol. 15. Now. 1 Maret 2015: 64 – 72.

Susanti Ary, Warso Muh Mukeri, Haryono Andi Tri. (2016). “Pengaruh Layanan, Reputation, Preference dan Word Of Mouth Terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus Pada Pt. Ntronik Lintas Nusantara, Semarang”. Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.

Sugiyono. (2009). “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. ”Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.” Bandung: Badan Penerbit Alfa Beta

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&B”. Bandung: Alfabeta.

Upramono, Haryanto. (2008). “Desain Penelitian Studi Pemasaran”. Jakarta: Andi Offsek.

Trisnawati Ella, Suroso Agus, Kumorohadi Untung. (2012). “Analisis Faktor-Faktor Kunci Dari Niat Pembelian Kembali Secara Online (Study Kasus Pada Konsumen Fesh Shop)”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2012, Hal. 126 – 141.

Umar Husein. (2011). “Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis”. Jakarta: Rajawali.

Wahyuni Sri. (2014). “Pengaruh Motivasi, Pelatihan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah”. e-Jurnal Katalogis, Volume 2 Nomor 1, Januari 2014 hlm 124-134.

Werang Basilius Redan. (2015). “pendekatan kualitatif dalam penelitian sosial”. Yogyakarta: Calpulis.

Yunus, Budiyanto. (2014). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 12 (2014).

Zainal Chrisnaldi Arif. (2013). “Pengaruh Word Of Mouth Dan Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Dilihat Dari Perbedaan Jenis Kelamin Pasien Pada Rumah Sakit Pertamina”. Volume 5 dan 6 Tahun 2012
Published
2018-09-28
How to Cite
CANDRA, Yuni; ZULBAHRI, Liza. Pengaruh Perceived Value dan Fasilitas terhadap Repurchase Intention Wisatawan di Objek Wisata Gunung Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 56-69, sep. 2018. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/341>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jmk.9.3.56-69.2018.