Pengaruh Electronic Word Of Mouth Foto Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Electronic Word of Mouth foto wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan di kota Padang. Dimana Electronic Word of Mouth akan dilihat dari segi (1) Pengaruh concern for others terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Kota Padang, (2) Pengaruh expressing positive feeling terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Kota Padang, (3) Pengaruh economic incentives terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Kota Padang, (4) Pengaruh concern for others, expressing positive feeling dan economic incentives terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Kota Padang. Penelitian dilakukan di kota Padang. Objek dalam penelitian ini adalah para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata kota Padang tahun 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang. Metode penarikan sampel dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan yang terangkum pada penjelasan di atas dengan menggunakan uji t, diperoleh hasil bahwa Concern for Others, Expressing Positive Feeling dan Economic Incentives berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di kota Padang secara parsial. Kemudian nilai adjusted R square adalah sebesar 0,622 hal ini berarti 62,2% dari keputusan berkunjung wisatawan di kota Padang yang dapat dijelaskan oleh Concern for Others, Expressing Positive Feeling dan Economic Incentives sedangkan sisanya sebesar 37,8% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya concern for Others, Expressing Positive Feeling dan Economic Incentives secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di kota Padang.
References
Aprilia, Fitri, Srikandi Kumadji dan Andriani Kusumawati. 2015. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2†Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 24 No. 1 Juli.
Hadi, Susilo dan F. Anita Herawati. 2013. Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Terhadap Tingkat Kesediaan Melakukan E-Word Of Mouth (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Produk FashionBonvieux Terhadap Tingkat Kesediaan Melakukan e-Word Of Mouth). Yogyakarta UAJY
Hasan, Ali dan Setiyaningtiyas, Niken Widiati. 2015. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Jurnal Media Wisata, Volume 13 Nomor 1 Mei
Meilisa, Veni Fitra. 2018. Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata, Kepemudaan Dan Olahraga, Dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir Dalam Menarik Minat Pengunjung Objek Wisata Pantai Solop. JOM FISIP Vol. 5 No. 1 – April 2018
Nugraha, Marza Riyandika. 2013. Analisa Pengaruh Electronic Word-of-Mouth, Argument Quality, Message Source Credibility Terhadap Brand Image dan Dampaknya Pada Purchase Intention. Jakarta : Binus University
Riantika, Irma. 2016, Pengaruh electronic word of mouth, daya tarik, dan lokasi terhadap keputusan berkunjung wisatawandi Curug Sidoharjo. Skripsi.Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.Yogyakarta
Sari, Viranti Mustika 2012. Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) di Social Media Twitter Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Restoran Holycowsteak). Jakarta : FISIP UI
Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantatitif (Menggunakan Prosedur SPSS) Tuntutan Praktis Dalam Menyusun Skripsi. Jakarta : Elex Media Komputindo
Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen . Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Edisi Revisi, Cetakan ke-4. Jakarta : Kencana.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Suwarduki, Puspa Ratnaningrum, Edy Yulianto dan M. Kholid Mawardi. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 37 No. 2 Agustus 2016
Suryadana, M. Liga dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung : Alfabeta
Swastha, Dharmmesta. dan T.Hani. Handoko. 2014. Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan ke IV. Yogyakarta: BPFE
Sumardi, 2009. “Word of Mouth Marketing, Fans dan Peluang Tumbuhâ€, SWA, 09/XXV, 30 April – 13 Mei
https://travel.detik.com/travel-news/d-2353478/kini-traveling-jadi-prioritas-kedua-orang-indonesia diakses Juni 2018
Click for JMK's Copyright and License Statement