Pengaruh Self Image Congruity dan Kualitas Pelayanan terhadap Customer Satisfaction pada Layanan Klaim di PT. Asuransi Jasindo Kc. Padang

  • Hesti Mayasari Universitas Tamansiswa Padang
  • Azis Jaelani Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Brilliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh self image congruity dan kualitas pelayanan terhadap customer satisfactio satisfaction pada layanan klaim di PT. Asuransi Jasindo KC. Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis), uji asumsi klasik, uji t, uji F, uji korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis jalur (path analysis) variabel self image congruity dan kulaitas pelayanan terhadap customer satisfaction pada layanan klaim di PT. Asuransi Jasindo KC. Padang di dapatkan Y= 0,233X1 +  0,462X2 + 0,5821e. Dari hasil uji t yang dilakukan didapatkan bahwa variabel self image congruity berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction pada layanan klaim di PT. Asuransi Jasindo KC. Padang, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction pada pada layanan klaim di PT. Asuransi Jasindo KC. Padang. dari hasil uji F terbukti bahwa variabel self image congruity dan kualitas pelayanan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction pada pada layanan klaim di PT. Asuransi Jasindo KC. Padang. Dari hasil uji koefisien determinasi pada nilai adjusted R square sebesar 40,5%.

References

Hartini, S. 2011. Self-Image Congruity: Role In The Formation Of Consumer Attitudes. Jurnal Enterprenuer Vol. 3 No. 1. ISSN: 2065-3580.
Hendro, Sihombing, O., S. 2012. Memprediksi Hubungan Loyalitas Merek, Rasa Keikutsertaan, Kecocokan Citra Diri Dan Konsumsi Terakhir Terhadap Kesejahteraan Konsumen : Studi Empiris Pada Kedai Kopi Starbucks. Jurnal Ekobis Vol. 12. No. 2. ISSN : 1411-2280.
Jacobus, Rico. 2012. Model Kualitas Pelayanan (SERVQUAL) Parasuraman. Diakses 2019¬-01-25.
Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Penerbit Andy, Yogyakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta : Penerbit Erlangga.
Lindquist, J. D. and Sirgy, M. J. 2009, Shopper, Buyer, and Consumer Behavior: Theory, Marketing Applications, and Public Policy Implications, 4th ed. Cengage Learning: Mason, OH.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. 2008. Consumer Behavior (7th ed.). Jakarta: Pt. Indeks.
Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F., dan Chandra, G. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta: Andi Offset.
Widjiono, M. L., Japarianto, E. 2015. Analisa pengaruh self image congruity, retail service quality, dan customer perceived service terhadap repurchase intention dengan customer statisfaction. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 9, Nomor 1. ISSN 1907-235X.
Zeithaml, V. A. 2011. Service Marketing. The Mc Graw Hill Company.
Published
2019-08-04
How to Cite
MAYASARI, Hesti; JAELANI, Azis; ALBAR, Berri Brilliant. Pengaruh Self Image Congruity dan Kualitas Pelayanan terhadap Customer Satisfaction pada Layanan Klaim di PT. Asuransi Jasindo Kc. Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 48-59, aug. 2019. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/451>. Date accessed: 20 apr. 2024.