Analisis Strategi dan Key Succes Factor dalam Perdagangan Gambir di Kabupaten Pesisir Selatan
Abstract
Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh pedagang pengumpul gambir Pesisir Selatan saat ini, mengidentifikasi dan menganalisis key sucses factor dalam perdagangan gambir ditingkat pedagang pengumpul gambir serta apa saja yang harus dimiliki oleh pedagang pengumpul Kabupaten Pesisisir Selatan untuk menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage), untuk mengetahui strategi apa yang dapat diterapkan oleh pedagang pegumpul gambir Kabupaten Pesisir Selatan untuk masa yang akan datang.
Manfaat Penelitian : Penulis mengharapkan agar hasil penelitian ini bermanfaat sebagai masukan bagi pedagang pengumpul gambir Kabupaten Pesisir Selatan dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya serta dapat memperoleh arahan dalam menyususun perencanaan strategis guna memperoleh keunggulan bersaing.Ruang Lingkup Penelitian: Penelitian ini membahas cara dan strategy yang diterapkan oleh para pedagang pengumpul gambir Kabupaten Pesisir Selatan dalam rangka mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka dan menganalisis key succes factor dalam industri ini. Petani gambir disini mencakup petani yang memiliki kebun gambir dan atau pengolah gambir (tukang kampo), sedangkan pedagang pengumpul yaitu orang yang membeli gambir langsung dari petani dan menjualnya kembali kepada pedagang besar atau ekportir.
References
Bungin. (2004), metodologi Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis ke arah Ragam Varian Kontemporer. Divisi Buku Perguruan Tinggi, PT. Grafindo Persada, Jakarta.
Chandler, A.D. (1962). Strategy and Structure. Dubleday, Garden City, New york
Chandra G. (2002). Strategi dan Program Pemasaran., Penerbit Andi, Yogyakarta.
David, A. (1996). Managing Brand Equity. The Free Press, Mc Millan Inc.
Engel, J. F., Blackwell R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku Konsumen, Edisi Keenam, Jilid I. Binarupa Aksara
Engel, J. F., Blackwell R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen, Edisi Keenam, Jilid Kedua. Binarupa Aksara
Hits, MA, Ireland, R.D., & Hoskisson, R.E., (2001), Manajemen Strategis : Daya Saing dan Globalisasi. Edisi keempat, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Hunger dan Wheelen, (2000). Strategic Management Business Policy, 7th edition, Prentice hall, Upper Saddle River, New Jersey.
Indriantoro N., & Supomo B, (1999). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan manajemen. BPFE, Yogyakarta
Jaugh, L.R. & Glueck, W.F. (1995). Manajemen dan Kebijakan Perusahaan, Penerbit PT. Erlangga. Jakarta
Kotler P, & Amstrong, G (1997). Dasar-dasar Pemasaran, Jilid I, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid I . PT. Prenhallindo, Jakarta.
Moleong, L.J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitati. PT. Remaja RosdaKarya, Bandung
Mowen, J.C., & Minor M. (2002). Perilaku Konsumen, Jilid II. Erlangga, Jakarta
Peter, J.P., & Olson, J.C., ( 2000 b). Cosumer Behaviour, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi Keempat, Jilid 2. Erlangga, Jakarta.
Porter, (1994). Keunggulan Bersaing Edisi bahasa Indonesia, Binarupa Aksara. Jakarta
Prasetijo, Ristiyanti & Ihalauw, Hohn J.O.I. (2005). Perilaku Konsumen Edisi I. Penerbit Andi, Yogyakarta
Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction : Gaining Customer Relationship, Strategi Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN – JP. PT. Gramedia Pustaka, Utama
Sekaran, U (2000). Research Methods For Business, 3rd Ed. John. Wiley & Sons.Inc
Singarimbun, M. & Efendi, S. (1989). Metode Penelitian Survey, Lembaga penelitian, Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi dan sosial, Jakarta.
Tjiptono, F. (2000). Perspektif manajemen dan Pemasaran Kontemporer, Edisi I. Penerbit Andi, Yogyakarta
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Penerbit Andi, Yogyakarta
Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia Citra Utama Bekerjasama dengan Jakarta Business research Center (JBRC). Jakarta
Umar, H. (2003). Strategic Management in Action. Penerbit PT. Gramedia Citra Utama, Jakarta
Zikmund, W.G. (1994). Business Research Methods, 4rh Edition. The Dryden Press Hartcout Brace College Publisher. Florida, USA.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Click for JMK's Copyright and License Statement