Analisis Strategi dan Key Succes Factor dalam Perdagangan Gambir di Kabupaten Pesisir Selatan

  • Yose Rizal STIE Perdagangan Padang

Abstract

Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh pedagang pengumpul gambir Pesisir Selatan saat ini, mengidentifikasi dan menganalisis key sucses factor dalam perdagangan gambir ditingkat pedagang pengumpul gambir serta apa saja yang harus dimiliki oleh pedagang pengumpul Kabupaten Pesisisir Selatan untuk menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage), untuk mengetahui strategi apa yang dapat diterapkan oleh pedagang pegumpul gambir Kabupaten Pesisir Selatan untuk masa yang akan datang.


Manfaat Penelitian : Penulis mengharapkan agar hasil penelitian ini bermanfaat sebagai masukan bagi pedagang pengumpul gambir Kabupaten Pesisir Selatan  dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya  serta dapat memperoleh arahan dalam menyususun perencanaan strategis guna memperoleh keunggulan bersaing.Ruang Lingkup Penelitian: Penelitian ini membahas cara dan strategy yang diterapkan oleh para pedagang pengumpul gambir Kabupaten Pesisir Selatan dalam rangka mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka dan menganalisis  key succes factor dalam industri ini.  Petani gambir disini mencakup petani yang memiliki kebun gambir dan atau pengolah gambir (tukang kampo), sedangkan pedagang pengumpul yaitu orang yang membeli gambir langsung dari petani dan menjualnya kembali kepada pedagang besar atau ekportir.

References

Barnes. ( 2003). Secrets Of Customer Relationship Managemen : Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan, Edisi Bahasa Indonesia. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Bungin. (2004), metodologi Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis ke arah Ragam Varian Kontemporer. Divisi Buku Perguruan Tinggi, PT. Grafindo Persada, Jakarta.

Chandler, A.D. (1962). Strategy and Structure. Dubleday, Garden City, New york

Chandra G. (2002). Strategi dan Program Pemasaran., Penerbit Andi, Yogyakarta.

David, A. (1996). Managing Brand Equity. The Free Press, Mc Millan Inc.

Engel, J. F., Blackwell R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku Konsumen, Edisi Keenam, Jilid I. Binarupa Aksara

Engel, J. F., Blackwell R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen, Edisi Keenam, Jilid Kedua. Binarupa Aksara

Hits, MA, Ireland, R.D., & Hoskisson, R.E., (2001), Manajemen Strategis : Daya Saing dan Globalisasi. Edisi keempat, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Hunger dan Wheelen, (2000). Strategic Management Business Policy, 7th edition, Prentice hall, Upper Saddle River, New Jersey.

Indriantoro N., & Supomo B, (1999). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan manajemen. BPFE, Yogyakarta

Jaugh, L.R. & Glueck, W.F. (1995). Manajemen dan Kebijakan Perusahaan, Penerbit PT. Erlangga. Jakarta

Kotler P, & Amstrong, G (1997). Dasar-dasar Pemasaran, Jilid I, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid I . PT. Prenhallindo, Jakarta.

Moleong, L.J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitati. PT. Remaja RosdaKarya, Bandung

Mowen, J.C., & Minor M. (2002). Perilaku Konsumen, Jilid II. Erlangga, Jakarta

Peter, J.P., & Olson, J.C., ( 2000 b). Cosumer Behaviour, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi Keempat, Jilid 2. Erlangga, Jakarta.

Porter, (1994). Keunggulan Bersaing Edisi bahasa Indonesia, Binarupa Aksara. Jakarta

Prasetijo, Ristiyanti & Ihalauw, Hohn J.O.I. (2005). Perilaku Konsumen Edisi I. Penerbit Andi, Yogyakarta

Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction : Gaining Customer Relationship, Strategi Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN – JP. PT. Gramedia Pustaka, Utama

Sekaran, U (2000). Research Methods For Business, 3rd Ed. John. Wiley & Sons.Inc

Singarimbun, M. & Efendi, S. (1989). Metode Penelitian Survey, Lembaga penelitian, Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi dan sosial, Jakarta.

Tjiptono, F. (2000). Perspektif manajemen dan Pemasaran Kontemporer, Edisi I. Penerbit Andi, Yogyakarta

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Penerbit Andi, Yogyakarta

Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia Citra Utama Bekerjasama dengan Jakarta Business research Center (JBRC). Jakarta

Umar, H. (2003). Strategic Management in Action. Penerbit PT. Gramedia Citra Utama, Jakarta

Zikmund, W.G. (1994). Business Research Methods, 4rh Edition. The Dryden Press Hartcout Brace College Publisher. Florida, USA.
Published
2020-01-24
How to Cite
RIZAL, Yose. Analisis Strategi dan Key Succes Factor dalam Perdagangan Gambir di Kabupaten Pesisir Selatan. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 1 - 9, jan. 2020. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/486>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jmk.11.1.1 - 9.2020.