Welli Marzeni Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Pelatihan dan Motivasi Kerja pada PT. CIMB Niaga Pekanbaru

  • Welli Marzeni S2 Pendidikan Ekonomi UNRI

Abstract

Karyawan sebagai sumber daya penggerak utama roda perusahaan perlu diberi perhatian kusus jika perusahaan ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari hasil pekerjaan kayawan. Peningkatan kinerja pelru untuk dilakukan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Salah satu bentuk usaha peningkatan kinerja karyawan adalah dalam bentuk pemberian pelatihan. Perusahaan perlu memperhatikan metode pelatihan yang dapat meningkatkan secara efekti kinerja karyawan. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk menganalisis permasalahan tersebut.


Penelitian ini berutujuan menganalisis peningkatan kinerja karyawan melalui pelatihan dan motivasi. Jenis penelitian adalah berupa penelitian deskriptif kuantitaif yang melibatkan 61 sampel dari 76 populasi. Data dikoleksi melalui angket yang disebarkan secara online. Hasil dari pengimpilan data kemudian dianalisis secara deskritif dengan memperhatikan persentase dari setiap variabel. Sedangkan analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji annova two way.


Haisl penelitian ini menunjukkan simpulan bahwa metode pelatihan yang berbeda akan memberikan perbedaan motivasi yang signifikan, sekalipun secara parsial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja. Namun peningkatan motivasi penting untuk meningkatkan kinerja karyawan yang pada penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi sangat mempengaruhi kinerja karyawan.


Divisi pengembangan sumber daya manusia diharapkan dapat menemukan motode yang cocok agar pelatihan yang diberikan efektif meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan. Pelatihan dengan metode on the job training dinilai paling efektif dalam peningkatan motivasi dan kinerja karyawan.


Keyword: Peningkatan Kinerja, Pelatihan Kerja, dan Motivasi Kerja

Published
2020-07-14
How to Cite
MARZENI, Welli. Welli Marzeni Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Pelatihan dan Motivasi Kerja pada PT. CIMB Niaga Pekanbaru. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 2, july 2020. ISSN 2615-3300. Available at: <http://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/517>. Date accessed: 13 apr. 2021.