Perilaku Petani Bawang Merah dalam Penggunaan Pestisida: Sebuah Literature Review

  • Elfianto Yusuf Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Pemerintah telah melakukan beberapa langkah untuk melaksanakan pengelolaan penggunaan pestisida, diantaranya melalui program pengelolaan hama secara terpadu yang sebelumnya disebut Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Sebagaimana telah dimuat dalam undang-undang nomor 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Pertanian dan Surat Keputusan Menteri Pertanian/ Ketua Badan Pengendali BIMAS Nomor 14/SK/Mentan/Bimas.XII/1990 tentang pedoman pelaksanaan Pengendalian Hama Terpadu. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perilaku petani bawang merah dalam penggunaan pestisida dan menganalisis perilaku dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku petani bawang merah dalam penggunaan pestisida di Kabupaten Solok. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode Systematic Literature Review (SLR) yaitu metode literature review yang mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian, untuk menjawab pertanyaan penelitian (research question). Hasil penelitian bahwa ketidakmampuan peilaku petani dalam untuk mengenali sistem pemakaian pestisida yang ada di sistem pertanian, telah mengurangi potensi manfaat dan keberlanjutan dalam kontribusi tentang perubahan perilaku petani bawang merah dalam penggunaan pestisida sehingga terciptanya perilaku yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam usaha tani bawang merah di Kabupaten Solok dan adanya suatu standarisasi mutu pangan dalam penggunaan pestisida bagi petani bawang merah di Kabupaten Solok. Kesimpulannya, perilaku petani dalam pengguanaan pestisida akan berkorelasi pada peningkatan kemampuan sumber daya petani bawang merah dari berbagai elemen serta mengintegrasikan perilaku petani yang lebih efisiensi dan efektif yang mentransformasi sektor pertanian lebih berkelanjutan.


 Kata Kunci: perilaku petani, bawang merah, SLR, Keberlanjutan

References

DAFTAR PUSTAKA

Ajzen, I, 1991, The Theory of Planned Behavior, Organization Behavior and Human Decision Processes, Vol.50 No.2, 179-211.
Ajzen, I, 2002, Constructing a TPB Questionnaires Conceptual And Methological Considerations. www.people.umass.edu/aizen.com.
Camara, G,F. Forseca, A.M. Monteiro, H. Ousrud, 2005. Networks of Inovation and the Estabilishment of Spatial Data Infra Structur in Brazil.Manuscript to the Journal Information Technology for Development Image Processing Division, National Institute for Space Research.Samjose dos Compos. Brazil.
Daru Nurdianna. (2018). Sebuah Pengantar Studi Tantangan Pemikiran Kontemporer di Sektor Pertanian. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 2(2), 333–356.
Daryanto,A, 2011. Peran Modal Sosial Dalam Pembangunan Peternakan. Trobos, Jakarta. Edisi Januari 2011.
Deperiky. D. 2019. Analisis Kelembagaan Supply Chain Agroindustri Bawang Merah Di Kabupaten Solok Dengan Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) 10.0. Jurnal Teknologi Pertanian .2301- 4083.UNISI
Deperiky. D. 2019. Sinergi Supply Chain Yang Efektif : Literature Review Agroindustri Bawang Merah Di Sumatera Barat. Journal Agroindustry Technologi : 124-131. IPB Bogor.
Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat. 2011. LKM-A Dorong Produksi Petani. http://www.sumbarprov.go.id/detail_artikel.php?id=366.
Djauhari, A. dan S. M. (2015). Pendekatan Pembangunan Pertanian Berbasis Komoditas Vs Ekoregion : Upaya Mencari Jalan Tengah Sudi Mardianto dan Achmad Djauhari. In Pendekatan Pembangunan Pertanian Berbasis Komoditas vs Ekoregion: Upaya Mencari Jalan Tengah (pp. 203–222).
Djojosumarto, Panut, 2008, Pestisida dan Aplikasinya, PT. Agromedia Pustaka, Jakarta
Dostaler, I. (2013). "Competing in the Global Aerospace Supply Chain: The case of the Canadian Aerospace Industry." Springer Science+Business Media 2013) 6:32–43.
Food And Agriculture Organization Of The United Nation, 2017
Green L 1980 Health Education Planning A Diagnostic Appruoch.Baltimore The John Hopkins University, Mayfied Publishing Co
Hadisapoetro. 1975. Pembangunan Pertanian. Yogyakarta: Faperta UGM.
Hidayah, N, 2012. Kesiapan Psikologi Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan menghadapi diversifikasi Pangan Pokok. Jurnal Humanities, Vol VIII No 1.
Kamus Bahasa Indonesia, 2008, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Kementrian Pertanian, 2015. Rencana Kerja Strategis Renstra Kementrian Pertanian (2015-2019). Jakarta.
Kitchenham & Charters (2007) Systemic Litetarure Review. Software Engineering Group School of Computer Science and Mathematics Keele University Keele, Staffs ST5 5BG, UK
Notoatmodjo S, 2012, Metodologi Penelitian Kesehatan, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Notoatmodjo S, 2012, Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Sumarno (2003). Teknik Budidaya Kacang Tanah. PenerbIT. Sinar Baru Algesindo. Bandung.
Van den Ban, A.W dan H.S. Hawkins. 1999. Penyuluhan Pertanian. Terjemahan oleh A.D. Herdiasti. Kanisius. Yogyakarta.
Published
2020-05-29
How to Cite
YUSUF, Elfianto. Perilaku Petani Bawang Merah dalam Penggunaan Pestisida: Sebuah Literature Review. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 2, may 2020. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/568>. Date accessed: 19 apr. 2024.