PENAMBAHAN URIN SAPI, TITHONIA ( Tithonia diversifolia) PADA POC TERHADAP PRODUKTIVITAS RUMPUT GAJAH KATE ( Pennisetum purpureum cv. Mott)

  • Robby Firlyadi Universitas Tamansiswa Padang
  • Fridarti Fridarti Universitas Tamansiswa Padang
  • Sari Gando Hidayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas rumput gajah kate (Pennisetum purpureum cv. Mott) menggunakan POC urin sapi dan Tithonia diversifolia. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan 5 ulangan. Pada perlakuan A tanpa menggunakan POC sebagai kontrol, Perlakuan B menggunakan POC sebanyak 1 ml, perlakuan C sebanyak 2 ml dan perlakuan D sebanyak 3 ml.


Hasil analisis ragam menunjukan bahwa pemberian POC urin sapi dan Tithonia diversifolia memberikan pengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap panjang daun, lebar daun, jumlah anakan dan produksi segar. Hasil uji DMRT memberikan pengaruh yang sangat nyata pada panjang daun adalah perlakuan D terhadap  A sedangkan antara perlakuan B dengan C memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0.05). Hasil uji DMRT memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0.01) pada lebar daun adalah perlakuan D terhadap perlakuan C, sedangkan perlakuan A dan B memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0.05).  Hasil uji DMRT memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0.01) pada jumlah anakan adalah perlakuan D terhadap perlakuan A(kontrol), B dan C. Hasil uji DMRT memberikan pengaruh sangat nyata (P<0.01) pada produksi segar adalah perlakuan D terhadap perlakuan A (kontrol), B dan C.

References

Adijaya, N., I.M. Rai Yasa dan S. Guntoro. 2007. Pemanfaatan bio urin dalam produksi hijauan pakan gajah. Balai Pasar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian dan Pengembangan Teknologi Pertanian bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali.
Adipradana. 2009. Responn Pertumbuhan dan Kondisi Rumput dengan Pemupukan lahan Pasca Tambang Semen PT. Indocement Tunggal Perkasa. Central Library of Bogor Agricultural University.
BIP Sumbar 1992. Sapi Bali dan Pengembangnya. BIP Sumatra Barat.
Guntoro, S. 2006. Leaftet “Teknik Produksi dan Aplikasi Pupuk Organik Cair dari Limbah Ternak”. Kerjasama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali dengan Bappeda Provinsi Bali.

Hartman, H.T and D.E. Kester. 1975. Plant Propogation Principles and Practice. Prentice Hall Inc. New Jersey

Kusumo, 1984. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman. CV. Yasaguna. Jakarta
Soeryoko, H. 2011. Kiat Pintar Memproduksi Kompos dengan Pengurai Buatan Sendiri. Lily Publiser. Yogyakarta

Steel, R, G, D. Dan J. H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistik: Suatu Pendekatan Biometrik. Edisi Kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Wiguna, A. 2017. Pengaruh Penambahan Urin Sapi dan Tithonia diversofolia Terhadap kualitas (N, P,dan K) Pupuk Cair Organik, Skripsi. Fak. Pertanian Universitas. Tamansiswa. Padang
Published
2019-05-07
How to Cite
FIRLYADI, Robby; FRIDARTI, Fridarti; HIDAYATI, Sari Gando. PENAMBAHAN URIN SAPI, TITHONIA ( Tithonia diversifolia) PADA POC TERHADAP PRODUKTIVITAS RUMPUT GAJAH KATE ( Pennisetum purpureum cv. Mott). Jurnal Embrio, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 1-10, may 2019. ISSN 2808-9766. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/embrio/article/view/423>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.