Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

PEDOMAN PENULISAN


Jurnal embrio


            Jurnal embrio merupakan media untuk publikasi tulisan asli yang berkaitan dengan pertanian secara luas, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggeris.


            Naskah yang diterima adalah  hasil-hasil penelitian  mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan  ( review) singkat, analisis kebijakan  atau catatan  penelitian  (research note) singkat mengenai teknik percobaan, alat, pengamatan atau hasil awal percobaan (preliminary result)


            Naskah yang diterima adalah  naskah  yang belum pernah  dimuat atau  tidak sedang  dalam proses publikasi dalam jurnal ilmiah nasional.


Pedoman Umum


            Naskah diketik dua spasi pada kertas HVS ukuran  A4 (21 x 29,5 cm) dengan pias 3 cm, huruf Times New Roman berukuran 12 point.  Kata diakhir baris tidak boleh  dipisahkan.  Setiap halaman diberi nomor secara berurutan, maksimm 15 halaman  termasuk tabel dan gambar.  Tabel dan gambar  dikelompokkan bersama dibagian akhir naskah pada lembaran  terpisah  (file terpisah).


            Naskah  diketik dengan program Microsoft Word (minimal  microsof office 2003).  Naskah sebanyak 3 eksemplar  dikirim ke:


Editor Jurnal Embrio


Program studi Agroteknologi dan  Peternakan


Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa


Jalan Tamansiswa No. 9 Padang. 25138


Telp∕Fax : (0751) 40020-8202035∕444170


Email : embrio.journal@gmail.com


Susunan Naskah


Naskah berupa hasil penelitian disusun dalam urutan: Halaman Judul, Abstrack, Pendahuluan, Bahan dan Metode,  Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terimakasih


(bila ada).  Daftar Pustaka, Gambar dan Tabel.


            Naskah  berupa catatan penelitian  maksimum 5 halaman  termasuk tabel dan gambar dan tidak harus ditulis  menurut  susunan naskah hasil penelitian.  Pendahuluan ditulis  singkat dan abstrak tidak perlu dicantumkan dalam catatan peneltian.


Judul dan Nama Penulis


            Judul naskah dicetak tebal (bold) dengan huruf capital pada setiap awal kata, kecuali untuk kata sambung.  Untuk naskah dalam bahasa Indonesia  harus disertai judul dalam bahasa Inggeris  yang ditulis miring (italic).


            Dibawah judul ditulis, nama lengkap semua penulis, beserta nama lembaga afiliasi penulis.  Beri tanda  * pada nama penulis yang korespondensi.  Alamat untuk korespondensi dilengkapi kode pos, nomor telepon, faximile dan e-mail.


Contoh Penulisan Judul dan  Nama Penulis


Mekanisme Fisiologi Toleransi Cekaman Aluminium Spesies Legum Penutup Tanah Terhadap Metabolisme Nitrat, Amonium dan Nitrit


(Mechanisms physiology Al-tolerant of legume cover crops species related to metabolisms nitrate,ammonium and  nitrit)



  1. Zulman Harja Utama­­1*), Sri Mulyani2) dan Welly Herman1)


Abstract dan Key Words


            Abstract ditulis dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris untuk naskah yang berbahasa indonesia begitu pula sebaliknya dan didalamnya tidak terdapat kutipan pustaka, maksimum 200 kata. Key words maksimum terdiri 5 kata, ditulis setelah abstract


 Teks


            Penulisan sub judul dalam teks tidak menggunakan nomor.  Sub judul utama (Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Ucapan terimakasih) ditulis dengan huruf  kapital.  Sub sub judul dicetak dengan huruf kapital bold setiap awal kata.  Awal paragraf dimulai 5 indent dari sisi kiri naskah.


            Nama organisme (Indonesia ∕Inggris∕ Daerah) harus diikuti nama ilmiahnya secara lengkap pada pengungkapan  pertama.  Nama ilmiah ditulis miring, sedangkan nama penulis dari suatu nama ilmiah dan kata seperti var, ditulis tegak.


Contoh : Bacillus thuringiensis Berl.,  singkatan pertama kali ditulis dalam kurung setelah kata-kata yang disingkatnya


Penulisan satuan menggunakan Standar Internatonal.  Seluruh gambar dan tabel harus dirujuk dalam teks.


Pustaka


            Pustaka di dalam teks ditulis menurut nama akhir (nama keluarga) dan tahun.  Untuk pustaka dengan penulis lebih dari dua, ditulis nama penulis pertama diikuti ‘et al;’ yang ditulis miring (italic).


Contoh : 


Hambatan  pertumbuhan pada tanah salin akan meningkat terutama pada kondisi air  pasang dan musim kemarau yang bersifat racun bagi tanaman, dan rendahnya kelarutan hara esensial  sehingga terjadi kekahatan hara (Marschner, 1995; Utama et al., 2008).


            Daftar pustaka ditulis  berdasarkan  urutan alphabet dari nama akhir penulis pertama.  Pustaka dengan nama penulis (kelompok penulis) yang sama diurutkan  secara kronologis, apabila ada lebih  dari satu pustaka yang ditulis penulis (kelompok penulis) yang sama pada tahun yang sama huruf ‘a’, ‘b’ dan seterusnya ditambahkan setelah tahun.


Beberapa contoh penulisan pustaka  sebagai berikut:


Jurnal:


Utama, M.Z.H., S.Yahya. 2003.  Peranan mikoriza dan asam humat pada pertumbuhan dan kadar hara beberapa spesies legum penutup tanah.  Bul. Agron. 31(3): 94-99.


Buku:


Mengel K., E. A. Kirkby. 1999. Principle of Plant Nutrition, 4th Ed. International Potash Institute. 359 p.


Bab dalam buku:


Gomm, F. B., F. A. Sneva., R.J. Lorenz. 1991.  Multiple Croping in the Western United States. P. 75-87.  In: Pependict, R. I., P. A. Sanchez, G. B.  Triplett,  G. R. Carlson (eds).  Multiple Cropping. ASA Special.


Prosiding:


Radjagukguk, B. 1990. Pengelolaan  produktivitas  lahan sawah gambut. Dalam: Agusli, T., M. H. Abbas dan Yurnalis (eds).             Prosiding Pengelolaan  Sawah Bukaan Baru. Meningkatkan Swasembada Pangan dan Program Transmigrasi. Padang 17-18 Sept 2016. p. 217-235.


Tesis disertasi


Bilman, W. S. 2008. Modifikasi lingkungan melalui  sistem penanaman serta penambahan bahan organik dan zat pengatur tumbuh dalam upaya peningkatan  produktivitas padi gogo.  Disertasi.PPS Unand.  Padang.


Tabel dan Gambar


            Penomoran Tabel adalah berurutan.  Judul Tabel dan Kepala Tabel menggunakan huruf kapital pada huruf pertama.  Garis vertikal tidak boleh digunakan.  Catatan kaki menggunakan  angka  dengan kurung tutup, dan diketik superscript.  Tanda bintang satu (*) atau  (**) digunakan untuk menunjukkan tingkat nyata berturut – turut pada taraf 95% dan 99%.


Tabel 1.  Pengruh cekaman Al dan spesies legum terhadap peubah bioomasssa akar



















Tingkat konsentrasi Al (pH 4.0) (mM)



Jenis legum



P. javanica



C. ceurelium



0.0


1.0


2.0



216.67 b


256.67 a


210.00 b



239. ab


127.33 c


83.33 d



Keterangan:  Angka  yang diikuti huruf yang sama pada kolom yang sama  menunjukan hasil yang tidak berbeda nyata berdasarkan DMRT pada α = 5%


Gambar


Gambar dan ilustrasi   harus menggunakan resolusi tinggi dan harus dibuat kontras dengan format  JPEG dan PDF. Resolusi minimal untuk foto adalah 300 dpi (dot per inch),  sedangkan untuk grafik dan line art adalah 600 dpi.  Seluruh gambar harus dirujuk dalam teks.


Prosedur Publikasi


Seluruh naskah yang diterima akan dikirimkan ke Dewan Editor untuk dinilai.  Dewan editor berhak meminta penulis untuk melakukan perbaikan sebelum naskah dikirim ke Penelaah.  Editor juga berhak menolak  naskah jika naskah tidak sesuai  dengan format yang telah ditentukan.


Penelaahan akan dilakukan oleh 2 orang ahli dibidang yang bersangkutan.  Dewan editor akan menentukan naskah yang dapat  diterbitkan berdasarkan  hasil penelaahan.  Hasil penelaahan diberitahukan kepada penulis.


Biaya Cetak


            Penulis yang artikelnya dimuat  dalam Jurnal embrio dikenakan biaya cetak sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) per naskah.  Naskah dengan gambar  berwarna akan dikenakan  tambahan biaya cetak.