PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAN FAKTOR MAKROEKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014

  • Fitra Oliyan Politeknik Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan perusahaan (ROE, CR, DER) dan faktor makroekonomi (nilai tukar dan inflasi) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel independen pada penelitian ini adalah Return On Equity (ROE), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), nilai tukar, dan inflasi. Variabel dependen pada penelitian ini adalah return saham. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan, dan diperoleh 655 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Data penelitian adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang bersumber dari website resmi perusahaan, Icamel dan IDX. Data nilai tukar dan inflasi bersumber dari data laporan Bank Indonesia. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 4%, artinya 4% perubahan return saham dipengaruhi oleh variabel kinerja keuangan (ROE, CR, DER), dan faktor makroekonomi (nilai tukar dan inflasi). Hasil penelitian secara parsial menunjukkan hanya satu variabel inflasi yang berpengaruh terhadap return saham, sedangkan ROE, CR, DER dan nilai tukar tidak berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010-2014.


 

References

Abdullah, Hilmi dan Eka Merdekawati. 2015. Pengaruh Return on Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Current Ratio (CR), dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return Saham. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8, No. 2.

Al-Qudah, Anas and Mahmoud Laham. 2013. The Effect of Financial Leverage & Systematic Risk on Stock Returns in the Amman Stock Exchange. Research Journal of Finance and Accounting, ISSN, Vol. 4, No. 6.

Amarasinghe and Dharmaratne. 2014. Dynamic Relationship Between Exchange Rate and Stock Returns. International Journal of Liberal Arts and Social Science, Vol. 2, No.5.

Ang, Robbert. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Barnor, Charles. 2014. The Effect of Macroeconomic Variables on Stock Market Returns in Ghana. Finance and Financial Management Commons: Walden University.

Brigham, E.F. dan Houston, Joel. 2010. Dasar - Dasar Manajemen Keuangan:
Assetials Of Financial Management. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, E.F. and Gapenski, Louis, (1997). Intermediate Financial Management, Fifth Edition. Sea Harbor Driver: The Dryden Press.

Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston, 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.
Buku satu,Edisi sepuluh, Jakarta: Salemba Empat.

Dahar, Reni. 2014. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI (Thesis). Padang: Universitas Andalas.

Dominick, Salvatore. 1997. Ekonomi Internasional. Edisi 5, Cetakan 1. Jakarta: Erlangga.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan, Panduan bagi Akademisi, Manajer, dan Investor untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Published
2022-08-07
How to Cite
OLIYAN, Fitra. PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAN FAKTOR MAKROEKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014. AKTUARIA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 20-31, aug. 2022. ISSN 0000-0000. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/aktuaria/article/view/409>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.