PREMI ASURANSI JIWA KONTINU DENGAN STATUS SINGLE LIFE PADA BONUS DEMOGRAFI

  • Anita Gusnita Universitas Tamansiswa Padang
  • Silvia Rosita Universitas Tamansiswa Padang
  • Fanny Oktivia Denovis Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung seseorang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Sedangkan asuransi jiwa kontinu adalah asuransi jiwa yang menanggung jiwa seseorang dimana manfaatnya dibayar sesaat setelah tertanggung meninggal. Bonus demografi adalah suatu keadaan yang mengguntungkan karena jumlah penduduk didominasi oleh masyarakat yang masih berusia produktif. Hal ini juga dinyatakan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang berpendapat bahwa pada tahun 2020 sampai dengan 2030 Indonesia akan mengalami bonus demografi. Tujuan dari penelitian adalah menghitung dan membandingkan nilai premi asuransi jiwa kontinu seumur hidup pada status single life usia laki-laki dan perempuan menurut data bonus demografi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian literatur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Mengenai data lainnya juga menggunakan data dari bonus demografi, tabel mortalitas Indonesia ( TMI 2011) untuk laki-laki dan perempuan, serta menggunakan suku bunga sebesar 2.5%. Sampel penelitian ini mengambil data usia bonus demografi laki-laki dan perempuan kisaran usia dari 15 tahun sampai dengan 64 tahun. Sedangkan Populasi yang akan diteliti pada penelitian adalah berdasarkan jenis kelamin antara laki-laki (x) dan perempuan (y). Berdasarkan hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai premi laki-laki lebih besar dari pada nilai premi perempuan. Hal tersebut terlihat pada usia laki-laki x=15 tahun nilai preminya sebesar Rp. 754.627, sedangkan untuk nilai premi perempuan y=15 sebesar Rp. 482.033.

References

Handriani, D. J. (2019). Proses Adaptasi Anggota Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota BANDUNG. Universitas Komputer Indonesia Bandung.
Khairunnisa, N. D., Rohaeni, O., & Permanasari, Y. (2016). Model Perhitungan Premi Asuransi Jiwa Berjangka Secara Diskrit Dan Kontinu. Prosiding Matematika, 2(1), 1–7.
Nofridawati, N. (2012). Premi Asuransi Jiwa Pada Akhir Tahun Kematian Dan Pada Saat Kematian Terjadi. Jurnal Matematika UNAND, 1(2), 79. https://doi.org/10.25077/jmu.1.2.79-84.2012
Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Statistik Perasuransian Indonesia 2016 - Revised Version. 1–388. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/asuransi/Pages/Statistik-Perasuransian-Indonesia---2016---Revised-Version.aspx
Subhan, M. (2018). Pengantar Matematika Aktuaria 2018.
Sunarsih, G. N. dan. (2015). Penerapan Matematika Pada Sistem Pembayaran Diskret Dan Kontinu Asuransi Kematian. 16–23.
Published
2022-08-07
How to Cite
GUSNITA, Anita; ROSITA, Silvia; DENOVIS, Fanny Oktivia. PREMI ASURANSI JIWA KONTINU DENGAN STATUS SINGLE LIFE PADA BONUS DEMOGRAFI. Aktuaria, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 36-44, aug. 2022. ISSN 0000-0000. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/aktuaria/article/view/793>. Date accessed: 07 oct. 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.