ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN PREMI, BEBAN KLAIM DAN HASIL INVESTASI TERHADAP LABA PT ASURANSI WAHANA TATA

  • Puja Yana Program Studi Aktuaria, Universitas Tamansiswa Padang
  • Melvi Muchlian Program Studi Aktuaria, Universitas Tamansiswa Padang
  • Sari Arsita Program Studi Aktuaria, Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat dari perubahan kondisi ekonominya dimana perusahaan asuransi berperan penting dalam perekonomian, perusahaan asuransi harus memilki kinerja keuangan yang baik dengan cara melihat pengaruh dari pendapatah premi, beban klaim dan hasil investasi terhadap laba perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan premi, beban klaim, dan hasil investasi terhadap laba PT Asuransi Wahana Tata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan sampel penelitian yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan metode purposive sampling dengan melihat laporan keuangan tahunan dari 2008 – 2020. Metode pengumpulan datanya menggunakan Field Reseach, Observasi, Library Reseach dan Internet Reseach, serta menggunakan analisis data regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah dari ketiga variabel bebas yaitu variabel pendapatan premi (X1), variabel beban klaim (X2) dan variabel hasil investasi (X3) yang berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu laba (Y) PT Asuransi Wahana Tata adalah variabel hasil investasi (X3). Dimana hasil investasi ini memiliki nilai t hitung sebesar 2,6135, serta nilai probabilitas hasil investasi (X3) sebesar 0,0281. Nilai probabilitas kecil dari nilai signifikan 0,05. Nilai t hitung positif menunjukkan bahwa Investasi mempunyai hubungan yang searah dengan laba. Jadi dapat disimpulkan Investasi berpengaruh signifikan terhadap laba karena, setiap kenaikkan variabel hasil investasi maka variabel laba perusahaan juga akan mengalami kenaikkan.

References

LA agustiranda, W., & Bakar, S. W. (2014). Pengaruh Pendapatan Premi, Pembayaran Klaim, Dan. 1–12.
Nurochim. (2020). Pengaruh Pendapatan Premi, Pembayaran Klaim, Risk Based Capital, Hasil Investasi Dan Hasil Underwriting Terhadap Laba Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018.
Sari, Laras Mutiara. (2018). Pengaruh Pendapatan Premi, Klaim, Dan Hasil Investasi Terhadap Hasil Underwriting Dan Laba Pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Di Indonesia Periode 2013-2016 Skripsi.
Setyaningsih, R., Zanaria, Y., & Septiani, A. (2021). Underwriting Dan Risk Based Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan Asuransi ( Study Empiris Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek. 2(1), 95–103.
Sujana, E., & Kadek, N. (2017). Pengaruh Pendapatan Premi, Hasil Underwriting, Hasil Investasi Dan Risk Based Capital Terhadap Ba Perusahaan Asuransi (Studi Empiris pada Perusahan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015). 7.
Subagyo. (2002). Bank Dan Lembaga Keuangan Lain. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.
Published
2022-08-07
How to Cite
YANA, Puja; MUCHLIAN, Melvi; ARSITA, Sari. ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN PREMI, BEBAN KLAIM DAN HASIL INVESTASI TERHADAP LABA PT ASURANSI WAHANA TATA. Aktuaria, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 12-19, aug. 2022. ISSN 0000-0000. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/aktuaria/article/view/794>. Date accessed: 08 oct. 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.