ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PADA PRODUK ASURANSI JIWA INDIVIDU DAN ASURANSI JIWA KUMPULAN (STUDI KASUS PADA PT. TASPEN)
Abstract
Risiko muncul karena ada ketidakpastian mengenai kejadian masa depan. Untuk itu diperlukan manajemen risiko untuk pengendalian risiko yang dihadapi tersebut. Manajemen risiko mencangkup pengidentifikasian dan penilaian risiko yang dihadapi. Manajemen resiko dalam asuransi perusahaan, berguna untuk mengatasi permasalahan resiko yang dihadapi perusahaan. Dengan demikian tujuan yang hendak dicapai PT. Taspen adalah agar resiko-resiko tersebut dapat diminimalkan sehingga tercipta efesiensi dan efektifitas yang akhirnya akan membantu dan memudahkan dalam tercapainya tujuan perusahaan. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang analisis manajemen risiko pada produk asuransi jiwa individu dan asuransi jiwa kumpulan pada PT. Taspen. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah wawancara. Hasil penelitian ini adalah perbedaan dari masing-masing produk yang menjadi fokus penelitian lebih banyak dipengaruhi oleh karakteristik dari masing-masing produk.
References
Salim, Abbas. (1998). Asuransi dan Manajemen Risiko. Jakarta: Rajawali Pers.
Djojosoedarsono, Soeisno. (2003). Prinsip- prinsip manajemen risiko asuransi. Jakarta:Salemba Empat.
Darmawi, Herman. (2006). Manajemen Risk Jakarta: PT. Bumi Aksara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.