Perbandingan Perhitungan Cadangan Premi Menggunakan Metode Prosepektif dan Illinois Pada Asuransi Jiwa Dwiguna Berjangka

  • Annisa Fitri Yeni Universitas Tamansiswa Padang
  • Yurniati yurniati Universitas Tamansiswa Padang
  • Fanny Oktivia Denovis Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Asuransi jiwa dwiguna merupakan asuransi jiwa yang memiliki dua manfaat, yaitu sebagai proteksi jiwa dan juga sebagai tabungan sehingga asuransi dwiguna juga bisa diaplikasikan untuk tujuan jangka panjang. Dalam asuransi akan terjadi klaim yang dimana tidak sedikit perusahaan asuransi yang mengalami kerugian dikarenakan tidak mampu membayar santunan kepada tertanggung. Dalam keadaan seperti ini dapat diatasi jika perusahaan asuransi memiliki dana cadangan yang telah dipersiapkan sebagai cadangan premi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan perhitungan cadangan premi yang diperoleh menggunakan metode Prospektif dan Illinois. Dalam metode Illinois hasil cadangan dihitung berdasarkan premi bersih dan premi modifikasi.  Pada penelitian ini dilakukan studi kasus untuk seseorang laki-laki dan perempuan berusia 49 tahun dengan waktu asuransi 26 tahun dan benefit masing-masing Rp 160.000.000 dan Rp 100.000.000 dengan tingkat suku bunga 5,75% data yang digunakan yaitu Tabel Mortalita Indonesia tahun 2019. Hasil perhitungan cadangan premi dengan metode prospektif dan Illinois tahun ke-1 hingga tahun ke-19 cadangan premi dengan metode Illinois menghasilkan cadangan yang lebih besar dibandingkan dengan cadangan premi metode prospektif dan pada tahun ke-20 kedua cadangan bernilai sama. Pada akhir tahun jangka asuransi, nilai cadangan premi dengan metode Illinois dan nilai cadangan premi metode prospektif  sama dengan nilai santunan yang diberikan.

References

Effendie, A. R. (2010). Matematika Aktuaria . Jakarta: Universitas Terbuka.
Futami, T. (1993). Matematika Asuransi Jiwa Bagian I. Tokyo: Incorporated Foundation Oriental Life Insurance Cultural Development Center.
H. W. Vikrantha, D. Devianto and I. R. H G. (2019) . Analisis Cadangan Premi Asuransi Jiwa Dwiguna Semikontinu Dengan Menggunakan Metode Illinois. Jurnal Matematika UNAND, vol. VIII, pp. 31-38.
Reskiana. (2018).Penentuan Cadangan Premi Asuransi Jiwa Tahunan Dengan Metode Illinois, (Samata : Skripsi S1 Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negri Alauddin Makasar).
Sembiring, R.K. (1986).Buku Materi Pokok Asuransi I modul 1-8. K. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian. 1992. Armas Duta Jaya, Jakarta.
Vicky Mahendra Irsyad Setiawan. (2017). Preferensi Nasabah Terhadap Perusahaan Asuransi Syariah Dan Asuransi Konvensional, (Malang : Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang).
Published
2024-02-07
How to Cite
YENI, Annisa Fitri; YURNIATI, Yurniati; DENOVIS, Fanny Oktivia. Perbandingan Perhitungan Cadangan Premi Menggunakan Metode Prosepektif dan Illinois Pada Asuransi Jiwa Dwiguna Berjangka. AKTUARIA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 6-14, feb. 2024. ISSN 0000-0000. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/aktuaria/article/view/996>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.