MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN ORGANISASI

Main Article Content

Yuni Candra Rahmat Rahmat

Abstract

Kegiatan pelatihan Kepimpinan Kader Dasar (PKD) ini dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi bagi calon kader Gerakan Pemuda Ansor di Kota Pariaman untuk memiliki kemampuan manajemen dan kepimimpnan dalam menjalankan roda organisasi, khususnya organisasi GP Ansor. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kader dapat menjadi dinamisator dan katalisator organisasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor sesuai dengan tingkatannnya. Menjalankan roda organisasi sesuai dengan fungsi manajemen, yaitu, perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan. Dengan jiwa kepemimpinan dalam satu barisan yang dapat memberikan kontribusi nyata dan warna terhadap kemajuan daerah ini, sebagaimana yang telah diajarkan dan dicontohkan oleh para senior dan para kyai dari Nahdlatul Ulama (NU). kedepannya, diharapkan dapat menjadi pemimpin bangsa dan negara. Untuk mewujudkan cita-cita luhur tersebut, maka latihan kader 1 (satu) dilakukan, sehingga kader GP Ansor memiliki kemampuan dasar dalam memahami konsep manajemen dan kepemimpinan dalam organisasi.
Hasil dari kegiatan ini di harapkan kader GP Ansor dapat memahami dan menggelola organisasi dengan baik, serta dapat menggali potensi yang ada pada diri untuk menjadi seorang pemimpin masa depan, dengan cara diasah dan dilatih dalam pelatihan ini. Hal ini dapat dilihat dari antusiasnya peserta pelatihan bertanya pada saat materi ini disampaikan. Sehingga batasan waktu yang dibuat oleh panitia berakhir tidak terasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
CANDRA, Yuni; RAHMAT, Rahmat. MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN ORGANISASI. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 7, n. 2, aug. 2024. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/1056>. Date accessed: 27 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jpmd.v7i2.1056.
Section
Articles