STRATEGI INOVASI MINYAK KELAPA/VIRGIN COCONUT OIL (VOC) SEBAGAI PRODUK UNGGULAN YANG DAPAT MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT NAGARI SIKUCUA BARAT KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Main Article Content

Widya Rahmawati Sapta Eka Puta Trio Candra Yoga

Abstract

VCO adalah modifkasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan. Strategi merupakan suatu upaya melakukan sesuatu nttuk mencapai tujuan yang diinginkan. Nagari Sikucua Barat merupakan Nagari baru pemekaran dari kecamatan V Koto Kampung Dalam merupakan penghasil kelapa terbanyak di Sumatera Barat dan masyarakatnya sudah mengolah kelapa menjadi minyak kelapa. Sebenarnya minyak kelapa tersebut dapat diolah menjadi bahan makanan, obat kesehatan dan kosmetik. banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa minyak kelapa dapat diolah menjadi bahan makanan,dan kosmetik. Hal ini karena tidak pernah dilakukan sosialisasi, pelatihan dan diskusi dengan ahli bidang Farmasi. Masyarakat perlu melakukan strategi apa yang pantas untuk dilakuakn inovasi pada produk tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
RAHMAWATI, Widya; PUTA, Sapta Eka; YOGA, Trio Candra. STRATEGI INOVASI MINYAK KELAPA/VIRGIN COCONUT OIL (VOC) SEBAGAI PRODUK UNGGULAN YANG DAPAT MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT NAGARI SIKUCUA BARAT KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 7, n. 2, aug. 2024. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/1062>. Date accessed: 27 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jpmd.v7i2.1062.
Section
Articles