Storynomics Tourism dalam pengembangan Ekowisata Ulu Musi Trokon Desa cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu

Main Article Content

Rihan Ifebri Hariz Eko Wibowo Ariffatchur Fauzi Irnad Irnad Soni Ayi Purnama

Abstract

Pengabdian dilaksanakan di lokasi Ekowisata Ulu Musi Trokon Desa Cawang Lama, Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan pengabdian ini fokus kepada pengembangan Ekowisata Ulu Musi Trokon dengan melibatkan berbagai Unsur masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai kearifan lokal disamping nilai wisata yang dibalut dengan promosi berbasis lingkungan. Metode pengabdian dilakukan dengan gabungan berapa cara yaitu melalui ceramah, diskusi grup, pendampingan dan wawancara mendalam dengan narasumber yang kompeten. Hasil yang didapatkan adalah tersusunnya draft proposal bisnis sebagai portofolio Ekowisata Ulu musi Trokon dalam mengembangkan usaha, selanjutnya terciptanya logo Ulu Musi Trokon sebagai Branding dan identitas bisnis, kemudian adanya souvenir berupa gantungan kunci sebagai salah satu khas daerah Ulu Musi Trokon, dan terciptanya Video Storynomics Tourism sebagai video promosi yang mengedepankan sisi wisata, nilai ekonomis , budaya dan lingkungan. Luaran pengabdian ini adalah jurnal pengabdian nasional, Hak Kekayaan intelektual sebagai bukti orisinalitas pengabdian, dan video Video Storynomics Tourism Ulu Musi Trokon yang dapat dijadikan sebagai media promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
IFEBRI, Rihan et al. Storynomics Tourism dalam pengembangan Ekowisata Ulu Musi Trokon Desa cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 8, n. 1, feb. 2025. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/1131>. Date accessed: 26 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.31317/jpmd.v8i1.1131.
Section
Articles

References

Ariwibowo, P., Priyono, P., & Yulanda, N. (2019). Penerapan Socialpreneurship Dalam Pengembangan Kualitas Potensi Hidup Pada Anak Jalanan Di Jakarta Timur. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 7
Baparekraf. (2021). Mengenal Storynomics Tourism, Gaya Baru Mempromosikan Pariwisata. Kemenparekraf Republik Indonesia.
Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat : menggali potensi lokal desa. Jurnal MODERAT,, Volume 6, Nomor 1, .
Fisanick, C., & Stakeley, R. O. (2020). Digital Storytelling as Public History A Guidebook for Educators. Taylor and Francis Group.
Hartati,Anis Siti., et al (2021). Kewirausahaan Sosial dan Inovasi Sosial. Kemdikbud. Jakarta
Ita Ulumiyah, A. J. (2014). Peran Pemerintah Desa Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 5, Hal. 890-899 |.
Kartika, Titing., dan Nova Riana. (2020). Storynomics Tourism as an Effective Marketing Strategy on Tourism Destination (Case Study on Tangkuban Parahu, West Java-Indonesia. Journal (TSDR) Vol. 1 Numb. 1 : 33-40
Objek Wisata Waduk Grobogan. Jurnal administrasi negara UNESA, vol. 06 hal. 35-39.
Land, N. F., Cohen, S., & Scarles, C. (2018). The power of social media storytelling in destination branding. Journal of Destination Marketing and Management, 8.
Masitah, I. (2019). Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan . Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, Volume 6 Nomor 3, B.
Nurhayati, Nori (2020). Strategi Promosi Desa Wisata Kampung Badud Oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sanjaya, N. A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Dan Potensi Kearifan Lokal Di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 990–991.
Saputra, I. (2015). Storynomics Desa Wisata: Promosi Desa Wisata Munggu Berbasis Narasi Storytelling. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya. VOL. 6 NO. 1, hal 98-109