KEWIRAUSAHAAN BAGI INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KOTA PADANG DALAM RANGKA PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN DAN PERLUASAN PASAR

Main Article Content

Sepris Yonaldi

Abstract

Industri Kecil dan Menengah IKM) kota Padang memiliki peran yang strategis dalam mewujudkan ketahanan ekonomi kota padang, namun ada beberapa permasalahan, diantaranya masih terbatasnya kemampuan sumber daya manusia dalam pengelolaan usaha yang professional, lalu usaha IKM belum mampu membuat rancangan usaha (business plan) sesuai kebutuhan pasar dan masih adanya Industri Kecil Menengah  (IKM) yang belum mampu menjangkau pangsa pasar dengan baik.  Adapun yang menjadi tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan pada pelaku IKM mengenai pengelolaan usaha serta bagaimana menyusun rancangan usaha (Business Plan) karena akan berpengaruh pada tindakan dan langkah yang akan diambil di masa mendatang dalam menumbuh kembangkan usaha dipersaingan yang semakin kompetitif baik berskala nasional maupun regional. Kegiatan pengabdian ini dilaksnakan selama 3 hari dengan metode ceramah, diskusi, praktek dan persentasi. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta wirausahawan berskala kecil. Luaran dari kegiatan ini adalah: a). peserta mengetahui dan memahami konsep dan teori kewirausahaan dan pemasaran, b). peserta mengetahui dan memahami konsep rancangan usaha (Business plan), c) peserta mampu menyusun rancangan ussaha (business plan) secara sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
YONALDI, Sepris. KEWIRAUSAHAAN BAGI INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KOTA PADANG DALAM RANGKA PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN DAN PERLUASAN PASAR. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 1, n. 1 Septembe, p. 8-26, sep. 2018. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/319>. Date accessed: 17 apr. 2024.
Section
Articles

References

Aidir, J. (2006). Kepemimpinan Yang Memotivas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Akhyadi, K. A. (2015). Social Entrepreneurship Mengubah Masalah Sosial Menjadi Peluang Usaha. Bandung: Alfabeta.

Azzaini, J. (2016, November 29). 3 Langkah Menciptakan Budaya Inovasi di Perusahaan. Retrieved Maret 2018, 2018, from kubik.co.id: https://www.kubik.co.id/3-langkah-menciptakan-budaya-inovasi-di-perusahaan/

Budi setiawan, SE, M.Si. Dinas Perindustrian dan Perdagangan. (2016, juli 28). DATA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN/KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2014. Retrieved from http://www.sumbarprov.go.id: http://www.sumbarprov.go.id/details/news/8241

Daryanto. (2012). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media.

Dillah, R. (2015, 7 15). Tutorial. Retrieved 11 20, 2017, from Agen Website: http://blog.agenwebsite.com/perencanaan-untuk-membuat-10-penjualan-pertama-di-online-shop-anda/

Gordon, M. E. (2009). Trump University Entrepreneurship 101: How to Turn Your Idea into a Money. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
GOukm.id. (2018, Maret 13). 10 Ide Usaha Kreatif dan Unik ini Terbukti Menghasilkan Banyak Duit. Retrieved Maret 25, 2018, from GOukm.id: http://goukm.id/10-ide-usaha-kreatif-dan-unik-ini-menghasilkan-duit/

Green, H. G. (2014, April 1). Smart Innovation - Inovasi Adalah Sebuah Proses Kreatif. Retrieved Maret 25, 2018, from http://infosmartinnovation.blogspot.co.id: http://infosmartinnovation.blogspot.co.id/2014/04/inovasikan-model-bisnis-anda-atau-mati.html

Hadiyanti, A. (2017, Februari 22). MEMANFAATKAN KEBIASAAN MENJADI PELUANG BISNIS. Retrieved Maret 25, 2018, from wordpress.com: https://kemilau99.wordpress.com/2017/02/22/memanfaatkan-sesuatu-di-lingkungan-sekitar-menjadi-peluang-usaha/

Hj. D. Made Dharmawati, S. M. (2016). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Huraerah, A. (2008). Pengorganisasian & Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Indonesia Student. (2017, Maret 12). Pendidikan, Pengatahuan, dan Wawasan. Retrieved Maret 25, 2018, from Indonesiastudent.com: http://www.indonesiastudents.com/pengertian-kreatif-menurut-para-ahli-dan-contohnya-lengkap/

International Franchise Association. (2014). 10 Franchise Terbaik Dunia Vs 6 Franchise Lokal Prestasi International. Retrieved Maret 25, 2018, from undercover.co.id: https://www.undercover.co.id/10-franchise-terbaik-dunia-vs-6-franchise-lokal-prestasi-international/

Jakfar, K. d. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jakfar, K. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jumingan. (2011). Studi Kelayakan Bisnis Teori dan Pembuatan Proposal Kelayakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartiko, D. (2012, September 29). Sepintas Inovasi dalam Perusahaan. Retrieved Maret 25, 2018, from wordpress.com: https://karuniasemesta.wordpress.com/2012/09/28/1000/

Kasali, R. (2005). Change! Manajemen Perubahan dan Harapan. jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kompas. (2016, 12 09). Berita Industri. Retrieved 01 01, 2017, from Kementrian Perindustrian: http://www.kemenperin.go.id/artikel/14200/Kontribusi-UMKM-Naik

Kotler Phillip, K. L. (2012). Marketing Management 14th edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lambing, P. d. (2000). Entrepreneurship. Prentice Hall: Upper Saddle River.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Pemasaran Jasa. edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Merina, N. (2017, November 13). daftar 9 pengusaha sukses bidang teknologi digital di Indonesia. Retrieved November 14, 2017, from goukm.id: http://goukm.id/daftar-9-pengusaha-sukses-bidang-teknologi-digital/

Mully in Bisnis. (2008, Mei 15). APA YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGHADAPI KEGAGALAN. Retrieved Desember 2, 2016, from Pengusaha muda masa depan Indonesia: https://pengusahamuda.wordpress.com/2008/05/15/apa-yang-diperlukan-untuk-menghadapi-kegagalan/

Nitisusastro, M. (2012). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Osterwalder. (2016, Agustus). BUSSINES MODEL CANVAS. Retrieved Maret 25, 2018, from ipurblog.blogspot.co.id: http://ipurblog.blogspot.co.id/2016/08/bussines-model-canvas.html

Partomo, T. S. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pengertian Inovasi menurut para ahli. (2014, Februari). Retrieved November 16, 2016, from Kumpulan Artikel News: http://xerma.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-inovasi-menurut-para-ahli.html

Puslatkop. (1995). Kewirausahaan Indonesia Dengan semangat 17-8-1945. Jakarta: Kloang Klede PT. Putra Timur.

Rahardjo, J. L. (2009). Creating Oppertunity in every Difficaulty . Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Robbins, S. (2012). Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Rofiq, A. (2015, Juni 10). Potensi Indonesia Menjadi Kekuatan Ekonomi Global . Retrieved November 24, 2016, from Sindo News.Com: http://nasional.sindonews.com/read/1010858/18/potensi-indonesia-menjadi-kekuatan-ekonomi-global-1433899211

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innofations. London: Tree Press.

Rothwell, R. (1994). Towards the fifth-generation innovation process”. International Marketing Review; ABI/INFORM Global , 7.

Sepris Yonaldi, H. M. (2016). RECONSTRUCTION METHOD DEVELOPMENT AND CONSTRUCTION OF SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (SMEs) THROUGH BUSINESS DEVELOPMENT SERVICE (BDS) PROGRAM IN PADANG. INDIAN JOURNAL OF APPLIED RESEARCH , 643.

Soetrisno, N. (pada tanggal 13 November 2016 pukul 05.50 WIB). Beberapa catatan Untuk Pembangunan UMKM kedepan. diakses dari http://smecda.com/wpcontent/uploads/2015/11/01_10_AGENDA_UMKM_KE_DEPAN.pdf .

Subagyo, A. (2008). Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Sudantoko, P. a. (2002). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Semarang: Rineka cipta.

Suharto, E. (n.d.). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat:. Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial , 57.

Suharto, E. (1992). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Yogyakarta: Liberty.

Suwarsono, S. H. (2000). Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta: Unit Penerbit dan unit percetakan.

Suwarsono, S. H. (2000). Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta: Unit Penerbit dan unit percetakan.

Swasono, S. E. (2015). Demokrasi Ekonomi Berkedaulatan dan Kemandirian. Yogyakarta: UST-PRESS.

Tambunan, T. (2009). Pengertian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Retrieved November 17, 2016, from iklanbaris-umkm : http://iklanbaris-
umkm.blogspot.co.id/p/walaupun-saya-bukan-seorang-pakar-dalam.html

Thulus, T. d. (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia Beberapa. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Thulus, T. d. (2002). Usaha kecil menengah di Indonesia beberapa isu penting. Jakarta: Salemba Empat.

Umar, H. (2007). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Van de Ven, A. H. (1980). Measuring and Assessing. New York: Wiley.

Wibowo, A. (2011). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winslay, G. D. (April 1998). Assessing advantage A framework for diagnossing competitive superiority. Journal of Marketing , 30.

yacob, I. d. (1998). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

yacob, I. (1998). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.