SOSIALISASI DAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI DI SMP N 2 SUNGAI GERINGGING NAGARI KURANJI HULU KECAMATAN SUNGAI GERINGGING

Main Article Content

Novelisa Suryani , Hary Febrianto

Abstract

Gempa bumi tercatat sebagai salah satu bencana yang memberikan dampak terhadap masyarakat, baik berupa kerugian harta benda maupun nyawa. Upaya mitigasi dengan cara membangun kapasitas kelompok masyarakat penting dilaksanakan untuk meminimalisir kerugian di masa yang akan datang. Kegiatan ini salah satunya dapat dilakukan pada siswa sekolah, karena pada masa ini mereka dapat membangun karakternya sesuai dengan input yang diberikan. Objek dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu siswa/siswi SMPN 2 Sungai Geringging yang terletak di Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan yaitu melalui metode student centered learning dengan memberikan pemahaman kepada siswa/siswi mengenai, jenis dan penyebab bencana gempa bumi, serta upaya apa yang dilakukan pada kondisi sebelum terjadinya  bencana, saat terjadinya bencana dan pasca bencana. Metode ini berusaha untuk menggali pengalaman siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi. Setelah itu dilakukan evaluasi berupa simulasi dan skenario menyelamatkan diri saat terjadinya bencana gempa bumi. Skenario ini dilakukan secara berulang-ulang sampai seluruh siswa mampu dan bisa menerapkan kegiatan tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan. Berdasarkan hasil evaluasi dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa siswa/siswi SMP N 2 Sungai Geringging memiliki pengetahuan dan mampu meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana gempa bumi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HARY FEBRIANTO, Novelisa Suryani ,. SOSIALISASI DAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI DI SMP N 2 SUNGAI GERINGGING NAGARI KURANJI HULU KECAMATAN SUNGAI GERINGGING. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 1, n. 2 Februari, p. 30-40, feb. 2019. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/401>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles

References

Kusumawardhani, DTP., Tahajuddin, U., Wardiat, D. 2014. Model Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Pengurangan Risiko Bencana Alam Di Indonesia. Prosiding. Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI. https://padangpariamankab.bps.go.id/

Antika, R.R. 2014. Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul Izzah, Nganjuk). Biokultur. Vol III.

Ulum, M.C. 2013. Governance Dan Capacity Building Dalam Manajemen Bencana Banjir Di Indonesia. Jurnal Penanggulangan Bencana. Vol. 4, No. 2. Hal 5-12.
Rini, E.P. 2017. Tingkat Pemahaman Kesiapsiagaan Kepala Keluarga Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di Dusun Potrobayan Desa Srihardono Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta.

Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI). 2005. Membangun Ketahanan Bangsa dan Komunitas Terhadap Bencana. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana BSN. 2017. Desa dan Kelurahan Tangguh Bencana. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

BNPB. 2017. Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana Edisi 2017. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

https://inarisk.bnpb.go.id/.

BNPB. 2017. Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana. Membangun Kesadaran, Kewaspadaan Dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana. Jakarta: Direktorat Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.