PERANAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN RASA CINTA MATEMATIKA PADA ANAK-ANAK

Main Article Content

Wartis Anwar Titi Sumarni

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tangung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada masa sekarang banyak anak tidak menyukai matematika.mereka beranggapan matematika itu merupakan pelajaran yang menakutkan dan sulit. Hal ini diperlukan peranan orang tua dalam menanamkan rasa cinta matematika pada anak-anak, oleh karenan itu diberikan penyuluhan terhadap orang tua yaitu bapak dan ibu di Jorong Sariak Bayang Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok merupakan daerah dataran tinggi.Diharapkan dapat mengubah padangan masyarakat bahwa setiap orang tua harus menanamkan rasa cinta matematika pada anak-anak dan bahwa pelajaran matematika itu selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah 1) Tanamkan kepada anak-anak bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan, 2) Tanamkan kepercayaan diri pada anak, 3) Kembangkan motivasi anak, 4) Ungkap fakta menarik tentang matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
TITI SUMARNI, Wartis Anwar. PERANAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN RASA CINTA MATEMATIKA PADA ANAK-ANAK. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 3, n. 1 Februari, p. 30-36, feb. 2020. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/509>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles

References

Ruseffendi, E.T, 1982. Dasar-Dasar Matematika Modern untuk Guru, Tarsito, Bandung

Suherman, Eman ,dan Tim, 2003, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Jurusan Pendidikan MatematikaUnivesitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Tyas,2015, Anak Suka Matematika, Gimana Caranya?, http://id.theasianparent.com

Destriyana, 2013, Anak sulit belajar matematika? Coba tips ini!,http://www.merdeka.com