OPTIMALISASI PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN UNTUK MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN PANGAN DI KELURAHAN BERINGIN RAYA KOTA BENGKULU

Main Article Content

Welly Herman Ahmad Saleh Harahap

Abstract

Lahan pekarangan merupakan  sebidang tanah yang berada di sekitar rumah yang dapat diusahakan untuk meningkatkan kemandirian pangan melalui pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada berbasis organik. Salah satu kelurahan yang dapat ditingkatkan pemanfaatan lahan pekarangannya adalah Kelurahan Beringin Raya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan untuk mewujudkan kemandirian pangan di Kelurahan Beringin Raya. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 4 (empat) bulan dari bulan Juni sampai September 2020 di Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Metodologi yang digunakan dalam PPM Pembinaan melalui pendekatan PRA (Participatory Rural Appraisal) yang memungkinkan masyarakat di Kelurahan Beringin Raya melalui RT.4 dapat saling berbagi, meningkatkan dan menganalisis pengetahuan tentang pemanfaatan lahan pekarangan. Metode yang diterapkan berupa sosialisasi, penyuluhan, dan praktek langsung di lapangan.  Dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa (1) Kegiatan pengabdian yang dilakukan memberikan pemahaman tentang pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan untuk menunjang kemandirian pangan (2) Meningkatkan kemampuan dari masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan lahan pekarangan agar lebih berdaya guna.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HERMAN, Welly; HARAHAP, Ahmad Saleh. OPTIMALISASI PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN UNTUK MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN PANGAN DI KELURAHAN BERINGIN RAYA KOTA BENGKULU. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 4, n. 1, mar. 2021. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/676>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jpmd.v4i1.676.
Section
Articles

References

Badan Litbang Pertanian. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kemeterian Pertanian. Jakarta.

Petunjuk Teknis KRPL. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tahun 2018. Kementrerian Pertanian.

Tato, Sabir. 2019. Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan. BBPP Batu.