PERANAN PEMILIHAN BIBIT SAWIT YANG BERKUALITAS DALAM MENGHASILKAN PRODUKSI MINYAK SAWIT MENUNJANG KEMANDIRIAN PANGAN DI INDONESIA THE ROLE OF SELECTING QUALITY SEED OIL PALM IN PRODUCING PALM OIL PRODUCTION SUPPORTING FOOD INDEPENDENCE IN INDONESIA

Main Article Content

Jamilah Munir

Abstract

Sawit merupakan komoditi utama produk ekspor Indonesia. Sebanyak 74% produk minyak sawit digunakan untuk pemenuhan bahan makanan dan 26% untuk kebutuhan industri di seluruh dunia. Tujuan kegiatan adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa magang dan pihak managemen Wilmar agar dapat memandang arif kondisi yang terjadi agar produksi CPO yang diharapkan tidak terus menurun.  Metode yang dilakukan adalah  penyuluhan yang telah dilakukan selama 2 hari pada Bulan Februari 2020 di perusahaan PT Kencana Sawit Indonesia, Solok Selatan Sumatera Barat, Indonesia. Audiensi yang hadir adalah mahasiswa yang ikut kegiatan magang dan pihak managemen perusahaan tersebut. Kegiatan diawali denga survey lokasi berkeliling kebun.  Selama survey juga ditemukan tanaman dengan berbagai usia mulai golongan tanaman belum menghasilkan (TBM) hingga tanaman menghasilkan (TM).  Hari ke dua adalah melakukan ceramah dan diskusi dengan audience serta diperoleh hasil hingga audience mengerti apakah sebenarnya yang telah terjadi dan apa usaha yang dapat dilakukan agar kondisi bronzing dapat diminimalisir sehingga penurunan produksi tidak signifikan.kesimpulan dicapai pentingnya memahami kehidupan tanaman sawit mulai dari pemilihan benih yang tepat hingga tanaman membutuhkan nutrisi dalam setiap fase pertumbuhannya. Perhatian yang terlambat akan merugikan bagi perushaan karena hasil tidak optimal. Penyuluhan penting dilakukan guna menyambungkan keilmuan yang ada di perguruan tinggi terhadap aplikasi ilmu tersebut di perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MUNIR, Jamilah. PERANAN PEMILIHAN BIBIT SAWIT YANG BERKUALITAS DALAM MENGHASILKAN PRODUKSI MINYAK SAWIT MENUNJANG KEMANDIRIAN PANGAN DI INDONESIA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-7, sep. 2021. ISSN 0000-0000. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/694>. Date accessed: 30 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.31317/jpmd.v4i2.694.
Section
Articles

References

Akvopedia. 2018. Budidaya Kelapa Sawit Berkelanjutan / Gejala defisiensi hara. https://akvopedia.org/wiki/Budidaya_Kelapa_Sawit_Berkelanjutan/Gejala_defisiensi_hara
Arjuna, J. (2010). Kelapa Sawit, Manfaat Dan Permasalahannya Dengan Lingkungan Hidup Di Sumatera. Jakarta.
Bramansa, J., Walker, S., Experton, A., Blackie, R., & Files, S. (2017). Pengelolaan kebun sawit di lahan gambut bagi petani swadaya. Winrock International.
Dinas Perkebunan Provinsi kalimantan Timur. 2017. Memilih Benih Kelapa Sawit Yang Baik Dan Benar (https://disbun.kaltimprov.go.id/artikel/memilih-benih-kelapa-sawit-yang-baik-dan-benar).
Presiden Republik Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2018 (2018).
Sitoms, J. (2004). Pengembangan Model Estimasiumur Tanaman Sawit Dengan Menggunakan Data Landsat-Tm. Jurnal Penginderaan Jauh Dan Pengolahan Data Citra Digital, 1(1), 14–19.
Tan, S., & Frey, R. (2017). Budidaya Kelapa Sawit Ramah Lingkungan Untuk Petani Kecil. Nagan Raya: PT Socfin Indonesia.