Penyuluhan Monografi Desa Di Desa Palak Aneh Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman

Main Article Content

Novelisa Suryani

Abstract

Monografi Desa memiliki fungsi dalam memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang kondisi desa. Monografi Desa dapat menggambarkan tingkat perkembangan desa. Hal ini berkaitan dengan proses pembangunan desa untuk mensejahterakan masyarakat desa secara menyeluruh. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan sosialisasi kepada aparat desa mengenai bentuk monografi desa dan isi laporan monografi desa menurut Permendagri No. 13 Tahun 2012.Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan menggunakan pendekatan individual dan klasikal melalui ceramah bervariasi.Metode ini  lebih efektif digunakan karena terdapat umpan balik dengan peserta kegiatan.Hasil menunjukkan adanya respon positif yang diberikan oleh peserta berupa tanya jawab yang berlangsung interaktif dengan pemateri.Peserta memahami pokok pembahasan materi yang sudah disampaikan dengan baik. Kegiatan penyuluhan ini hendaknya dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan agar hasil yang duperoleh lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SURYANI, Novelisa. Penyuluhan Monografi Desa Di Desa Palak Aneh Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 28-32, sep. 2021. ISSN 0000-0000. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/710>. Date accessed: 30 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.31317/jpmd.v4i2.710.
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Kota Pariaman. 2021. Kecamatan Pariaman Selatan Dalam Angka. Pariaman : BPS Kota Pariaman.
Maryani, Enok dan Waluya, Bagja. 2008. Geografi Desa Kota (Hand Out). Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia : Bandung.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 13 Tahun 2012 Tentang Monografi Desa dan Kelurahan.
Suparmini. 2007. Keterkaitan Desa-Kota: Sebagai Alternatif Pembangunan Perdesaan. Geomedia. Volume 5. No. 2.
Wulandari, Lusi. 2017. Strategi Perencanaan Pembangunan Desa Di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. Volume 3 No.3. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/75