PENGENALAN DAN PEMANFAATAN JARINGAN INTERNET DAN LAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM NAGARI GASAN GADANGKABUPATEN PADANG PARIAMAN

Main Article Content

Likanopa Syentia Dwi Fuji Wahyuni

Abstract

Kewirausahaan merupakan suatu hal umum yang dapat dilakukan termasuk pada UMKM, UMKM patut mendapat pembekalan kiat-kiat untuk berwirausaha yang baik sejak dini. Berwirausaha tentu tidak hanya berbicara tentang hal teoritis melainkan juga aplikasi dari pada ilmu kewirausahaan yang sudah dipelajari. Beberapa UMKM saat ini sudah memiliki pengetahuan kewirausahaan di dalam proses usaha mereka, namun proses tersebut belum dapat secara optimal mendorong para UMKM untuk menciptakan suatu ide pemasaran bisnis melalui berbagai jaringan internet. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali UMKM di Nagari Gasan Kabupaten Padang Pariaman yang memiliki semangat berwirausaha agar dapat mengerti dan memahami serta mengaplikasikan ide dalam pemasaran bisnisnya dengan menggunakan jaringan internet yang tepat. Pembekalan dilakukan dengan memperkenalkan jaringaninternet yaitu jaringan LAN. Jaringan Wilayah Lokal (Local Area Network - LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti kampus, gedung, kantor, rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Dengan adanya LAN membuat arus informasi dalam sebuah perusahaan atau organisasi menjadi cepat dan tidak dibatasi oleh ruang dan tempat. Informasi antara divisi atau cabang mengalir melalui jaringan komputer tersebut tanpa perlu karyawan / staf berpindah dari tempat ke tempat yang lain hanya untuk mendapatkan sebuah informasi dalam suatu UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SYENTIA, Likanopa; WAHYUNI, Dwi Fuji. PENGENALAN DAN PEMANFAATAN JARINGAN INTERNET DAN LAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM NAGARI GASAN GADANGKABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 13-19, aug. 2023. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/920>. Date accessed: 27 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jpmd.v6i2.920.
Section
Articles