SOSIALISASI PENTINGNYA ASURANSI KESEHATAN UNTUK KAUM MILENIAL

Main Article Content

Silvia Rosita Yulia Rahmawati. Z Sari Arsita

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi, pemahaman, pembekalan, ilmu pengetahuan dan informasi teraktual terkait pentingnya memahami manajemen risiko ketika berasuransi. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan.Tahapan inti dari kegiatan pengabdian pada masyarakat    ini    ialah    melaksanakan    sosialisasi    asuransi kesehatan dengan memaparkan materi  terkait  urgensi  memahami  manajeman  risiko  ketika memilih  produk asuransi  kesehatan  serta  diakhiri  dengan  sesi diskusi. Hasil    dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini yang menjadi mitra adalah masyarakat di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Kegiatan sosialisasi tersebut  diawali  dengan  memaparkan  materi  tentang aturan  terbaru  terkaitasuransi  (khususnya  yang  mengatur  terkait  hak-hak pemegang  polis  ketika berasuransi) dan dilanjutkan dengan memaparkan peranasuransian dalam kehidupan sehari-hari dan khususnya asuransi Kesehatan. Selain itu, pemateri memaparkan pentingnya memahami manajemen  risiko  bagi  masyarakat apabila  ingin  memilih  suatu produk  asuransi  kesehatan.  Kesimpulan  hasil kegiatan  ini  adalah  dengan dilaksanakannya  kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat  ini,  masyarakat  di di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang menjadi mitra dalam kegitan ini telah mendapatkan wawasan pengetahuan teraktual terkait asuransi Kesehatan   serta urgensi memahami manajeman risiko saat memilih suatu produk perusahaan asuransi khususnya,dalam asuransi kesehatan.


Kata Kunci : asuransi kesehatan, kaum milenial, manajemen risiko

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ROSITA, Silvia; RAHMAWATI. Z, Yulia; ARSITA, Sari. SOSIALISASI PENTINGNYA ASURANSI KESEHATAN UNTUK KAUM MILENIAL. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-6, jan. 2024. ISSN 2656-5951. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/983>. Date accessed: 02 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jpmd.v7i1.983.
Section
Articles

References

Aguspriyani, Yani dkk (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada Generasi Milenial. Jurnal At-Tawassuth, VIII (1)
Global Burden of Disease Health Financing Collaborator Network. (2018). Trends in Future Health Financing and Coverage: Future Health Spending and Universal Health Coverage in 188 countries, 2016–40. The Lancet, 391(10132), 1783–1798
Heryana, Ade (2021). Asuransi Kesehatan dan Managed Care. Jakarta: Universitas Esa Unggul
Laturrakhmi, Y., Swastikawara, S., Wardasari. Nilam. (2019). Analisis Perilaku Masyarakat Pedesaan Terhadap Asuransi Kesehatan Nasional Dalam Perspektif Komunikasi Kesehatan. Jurnal Komuniti, 11(02).
Pauly, M. V., McGuire, T. G., & Baros, P. P. (2012). Handbook of Health Economics. Elsevier.