Pengaruh Lokasi (Location) dan Lingkungan Jasa (Servicescape) terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Lima Saudara Bangunan Tanah Garam

  • Delyardi Delyardi Universitas Tamansiswa Padang
  • Gus Andri Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Briliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Persaingan ritel menuntut pelaku bisnis ini untuk menonjolkan competitive advantages agar dapat memenangkan persaingan. Didalam persaingan di pasar ritel khusus bangunan di daerah Tanah Garam, Toko Lima Saudara adalah market leader. Toko Lima Sudara sebagai organisasi ritel memiliki dimensi jasa dalam mempengaruhi keputusan konsumen. Toko Lima Saudara menjadikan location dan servicescape sebagai keunggulan bersaing dan pembeda dalam mempengaruhi keputusan konsumen.


Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden konsumen pada Toko Lima Saudara Bangunan Tanah Garam. Data dikumpulkan melalui keusioner dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji kehandalannya. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan beberapa analisa statistic deskriptif melalui Statistical Package for Social Science (SPSS).


Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda yang dilakukan, maka didapat persamaan berikut, variabel independen X1 (lokasi) dengan nilai koefesien 0,917 berpengaruh. Kemudian variabel X2 (lingkungan jasa) berpengaruh dengan nilai koefisien 0,214. Dapat diketahui bahwa variabel lokasi dan lingkungan jasa berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari analisa koefisien determinasi didapat nilai adjust R square sebesar 0,754 yang artinya lokasi dan lingkungan jasa dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada Toko Lima Saudara Bangunan sebesar 75,4%.

References

Afrizal, 2005 “The Nagari Community, Business and the State: The Origin and the Process of Contemporary Agrarian Protests In West Sumatera, Indonesia,” Disertasi Flinders: Asia Centre of Faculty of Social Sciences Flinders University.

Basu Swasta, 2000, Manajemen Penjualan, Yogyakarta : Penerbit BPFI

Basu Swastha, 2000, Azas-Azas Marketing, Edisi pertama, BPFE, Yogyakarta

Coley, Burgess, 2003. Gender differences in cognitive and affective impulse buying, Journal of Fashion Marketing and Management Vol. 7 No.3.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi I. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management: Edisi Milenium, International Edition. Prentice Hall International, Inc, New Jersey

Kotler, Philip. , (2000) Marketing Management : The Millenium Edition, Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi millennium, jilid 1, Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip (2001) Manajemen Pemasaran: Analisa, Perencanaan, Implementasi,dan Control, jilid I, Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT Prenallindo.

Kotler, Philip (2003) Manajemen Pemasaran, edisi ke sebelas, jilid I, indeks, Jakarta

Kotler Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, , Yogyakarta : PT. Prenhalindo.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kuncoro, M., 2003, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Bagaimana Meneliti

Lamb, Hair dan McDaniel, . 2001. Pemasaran. Buku satu. Jakarta : Salemba Empat.

Lovelock, C.H. dan Wirtz, J. (2007). Services Marketing – People, Technology, Strategy, 6th ed., Upper Saddle River, NJ : Prentice Hall.

Lupiyoaldi,2001 Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat Jakarta.

Ma’ruf, Hendri, 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ma’ruf, Hendri, 2006, Pemasaran Ritel, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Malhotra, Naresh K. 1993, Marketing Research, An Applied Orientation, New Jersey :L Prentice Hall. dan Menulis Tesis, Jakarta: Erlangga.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sriyadi, 1991. Bisnis Manajemen Perusahaan Modern, Semarang : IKIP Press

Setiadi. Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung: Prenada Media.

Sofyan dan Heri . 2009. SPSS Complete:Teknik Analisis Statistik Terlengkap Dengan Software SPSS, Penerbit Salemba Infotek,Jakarta.

Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rieka Cipta.

Tjiptono., 2000. Manajemen jasa, Edisi Pertama. Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono., 2000. Manajemen jasa, Edisi Kedua. Andi offset, Yogyakarta.

Tjiptono,Fandy . 2004. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta

Triyono, Sigit. 2006. Sukses Terpadu Bisnis Ritel. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Utami, C. W. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Moderen di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2013-09-01
How to Cite
DELYARDI, Delyardi; ANDRI, Gus; ALBAR, Berri Briliant. Pengaruh Lokasi (Location) dan Lingkungan Jasa (Servicescape) terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Lima Saudara Bangunan Tanah Garam. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 87-98, sep. 2013. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/156>. Date accessed: 04 may 2024.