Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Samsung Galaxi di Kota Padang
Abstract
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan empat variabel bebas, yaitu: brand loyalt (X1), brand owerness (X2), perceived quality (X3), Brand acocation (X4)dan satu variabel terikat keputusan pembelian (Y). Adapun Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Sejauh manakah pengaruh brand loyalty, brand owerness, perceived quality dan Brand acocation terhadap keputusan pembelian produk Samsung Galaxi di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitaif deskriptif dengan teknik survey. Dalam penelitian ini jumlah populasi tidak diketahui secara pasti sehingga untuk menentukan ukuran sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Metode ini merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel (Sugiyono, 2004:77 ). Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden, jumlah ini ditetapkan menurut Malhotra (2005: 368-369), bahwa jumlah sampel atau responden dengan jumlah populasi yang tak terbatas paling sedikit empat atau lima kali jumlah sub variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel loyalitas merek (Brand Loyalty) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan pembelian produk Samsung Galaksi di kota Padang dengan nilai sig. yang dihasilkan sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansinya (0,05). Variabel kesadaran merek merek (Brand Owernes) tidak mempengaruhi variabel Keputusan pembelian produk Samsung Galaksi di kota Padang dengan nilai sig. yang dihasilkan sebesar 0,969 lebih besar dari nilai signifikansinya (0,05).Variabel persepsi kualitas (Perceived Quality) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan pembelian produk Samsung Galaksi di kota Padang dengan nilai sig. yang dihasilkan sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansinya (0,05).Variabel asosiasi merek (Brand Acocation) tidak berpengaruh terhadap variabel Keputusan pembelian produk Samsung Galaksi di kota Padang dengan nilai sig. yang dihasilkan sebesar 0,226 lebih besar dari nilai signifikansinya (0,05).
References
Aaker, David. A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Mitra Utama. Jakarta.
Aaker David A, 1991, “Managing Brand Equity, Capitalizing on the Value of a Brand
Diponegoro Journal Of Social And Politic Tahun 2012, Hal. 1-11 Http://Ejournals1. undip.ac.id/index.php/
http://ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com/2009/10/31/fktr-pngarh-kep-pmblian/
Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran Marketing Manajemen 9e Edisi 2 (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol), Jakarta, PT. Prenhalindo
Kotler, P. and N. Kotler. (1999). “Generating effective candidates, campaigns, and causes.†In B. I. Newman (Ed.), Handbook of political marketing (pp. 3–19). Thousand Oaks, CA: Sage.
Kotler Philip, Amstrong Gary, 2003, Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Mowen, John C., Michael Minor. (1998). Consumer Behavior. 4th Ed. New Jersey: Prentice-Hall.
Nela Evelina. 2012. Diponegoro Journal Of Social and Politic, Hal.1-11
Rangkuti, Freddy. 2001.Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Seprisyonaldi, junal Manajemen dan kewirausahaan Vol.1 edisi 2, 2010)
Singarimbuan, Masri. dkk. 1989. Metode Penelitian Survai. LP3ES : Jakarta
Shocker, A.D., Srivastava, R.K. and Ruekert, R.W. (1994), “Challenges and opportunities facing brand management: an introduction to the special issueâ€, Journal of Marketing Research, Vol. 31, pp. 149-58. Nameâ€, The Free Press,New York.
Sumarwan,U,dkk, riset pemasaran dan konsumen, seri 2, Bogor: PT Penerbit Press Bogor. 2012.
Susanto, A.B and Wijanarko, H. (2004). Power branding, Bandung : Quantum
Umar, Husein. 1996. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Wilkie, W.L. 1990. Customer Behavior, Edisi Kedua. John Wiley & Sons, Inc. New York.
Click for JMK's Copyright and License Statement