GAPOKTAN Puncak Gumanti Kenagarian Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti

  • Sepris - Yonaldi Universitas Tamansiswa Padang
  • Megaputri - Nolasary Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian Gapoktan Puncak Gumanti adalah:Untuk menganalisis aspek ekonomi yang ada di Gapoktan Puncak Gumanti, Untuk menganalisis aspek non ekonomi (kemampuan loby dan kemauan untuk mempersentasikan diri) di Gapoktan Puncak Gumanti, Untuk menganalisisPeran stake holders dalam meningkatkan usaha kelompok tani di Gapoktan Puncak Gumanti, Untuk menganalisisAspek Inovasi yang telah dilakukan oleh Gapoktan Puncak Gumanti, Untuk menganalisis ketahanan ataupun perkembangan aspek kelembagaan Gapoktan Puncak Gumanti. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam mengumpulkan data, sumber data adalah kata-kata atau tindakan orang yang diwawancarai, sumber data tertulis dan foto.populasi penelitian ini dalah kelompok tani yang tergabung di Gapoktan Puncak Gumanti yang berjumlah 7 Kelompok Tani dan sampel kajian adalah kelompok tani Taruna Sakti. Hasil penelitian: Kajian aspek ekonomi pada Gapoktan Puncak Gumanti menjelaskan bahwa 45% anggota Gapoktan berpenghasilan 500.000 – 1.000.000 dengan luas lahan garapan yang di miliki oleh anggota Gapoktan Puncak Gumanti adalah seluas  kecil dari 2.500 M2 (0.5h). Anggota Gapoktan mendapatkan akses penjaman kredit dari beberapa lembaga keuangan perbankan maupun non perbankan, yaitu; BRI, BPD, SPP dan Andel. Gapoktan ini hanya memeliki dua akses pasar, yaitu; menjual kepada toke ( agen)  pasar Agropolitan yang ada di Nagari sungai Nanam. Kemampuan loby dan kemampuan mempersetasikan diri dari pengurus dan anggota Gapoktan sudah cukup baik. Dilihat dari segi metode dan praktek Gapoktan Puncak Gumanti melakukan inovasi, seperti: metode penanaman bawang dan tomat. Petani menggunakan musa (plastik penutup tanah) untuk bercocok tanam bawang dan tomat serta inovasi produk yang dilakukan adalah melakukan pembibitan tanaman sendiri, seperti contoh pembibitan  tomat, pembibitan kol dan pembibitan cabe. Aspek kelembagaan Gapoktan Puncak Gumanti masih perlu adanya pembinaan dari pihak terkait karena tingkat keterlibatan dari masing masing anggota masih rendah, namun  dari aspek adminstrasi menunjukan bahwa Gapoktan Puncak Gumanti memiliki administrasi yang cukup baik hal ini dibuktikan dengan adanya sekretariat dan administrasi yang ada, diantaranya: Angaran Dasar Rumah, Buku Tamu, Daftar hadir, proposal, agenda kegiatan, papan informasi dan lainnya.

References

Adiwilaga, A. 1982. Ilmu Usahatani. Bandung. Penerbit Alumni.
Austin,J.E 1981. Agroindustrial Project Analysis. Baltimore and London: The John Hopkins Univ.Press. Manajemen Agribisnis. Ghalia Indonesia
Davis ,H.H.and R.A Goldberg.1987. A Concept of Agribusiness. Boston: Graduate school of business, Havard University. Manajemen Agribisnis. Ghalia Indonesia.
Departemen Pertanian. 2007. Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani. Jakarta.
Downey ,W. D. Dan S.P. Erickson 1992. Manajemen Agribisnis. Edisi ke2.Terjemahan R. Ghanda S . Dan A.Sirait. Jakarta : Erlangga
Gapoktan Puncak Gumanti. 2013. Anggaran dasar Rumah Tangga Gapoktan Puncak Gumanti. Sungai Nanam.
Kelompok Tani Taruna Sakti. 2012. Struktur organisasi kelompok Tani Taruna sakti.Sungai Nanam
Mardikanto, T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta.
Mosher.1966. dalam makalah Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Kunci Kesejahteraan Petani. Fakultas Pertanian Universitas Lampung. BandarLampung.
Soehardjo, A. “Sistem Agribisnis dan Agroindustri” . Makalah Seminar, 1997, MMA-IPB, Bogor.
Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia: Jakarta
Statistik (2012). Sumatera Barat dalam angka. Badan Pencatatan Statistik (BPS). Sumatera Barat
Widodo, Teguh. Analisis Pendapatan Usahatani Jagung Di Kelurahan Lapangan Kec. Mapanget Kota Manado. Fakultas Pertanian, Univ. Sam Ratulangi Manado 2009.
Published
2015-05-11
How to Cite
YONALDI, Sepris -; NOLASARY, Megaputri -. GAPOKTAN Puncak Gumanti Kenagarian Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 32-41, may 2015. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/160>. Date accessed: 01 mar. 2024.