Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Loyalitas Konsumen di Bimbingan Belajar Pancaran Ilmu Padang

  • Hesti - Mayasari Universitas Tamansiswa Padang
  • Mira - Diana Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Brilliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), process (proses), physical evidence (lingkungan fisik) dan people (manusia) secara satu per satu dan juga secara bersamaan terhadap loyalitas konsumen di Bimbingan Belajar Pancaran Ilmu Padang. Sampel penelitian berjumlah 65 orang orangtua siswa yang anak-anaknya mengikuti bimbingan belajar di Bimbingan Belajar Pancaran Ilmu Padang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi. Penelitian yang dilakukan menghasilkan bentuk persamaan regresi linier berganda Y = -0,713 + 0,515 X1 - 0,128 X2 + 0,332 X3 + 0,136 X4 + 0,151 X5 + 0,108 X6 + 0,250 X7 + e. Ujit menghasilkan product, place dan people berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Bimbingan Belajar Pancaran Ilmu Padang karena nilai signifikansi karena nilai signifikansi product(0,001),place(0,002) dan people(0,035) <level of significant 0,05. Sedangkan uji t untuk price, promotion, process dan physical evidence menunjukkan hasil tidak adanya pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Bimbingan Belajar Pancaran Ilmu Padang karena nilai signifikansi price(0,481), promotion(0,467), process(0,144) dan physical evidence(0,483) >level of significant 0,05. Uji F menghasilkan product, price, place, promotion, process, physical evidence dan people secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Bimbingan Belajar Pancaran Ilmu Padang karena nilai signifikan 0,000 <level of significant 0,05. Analisis koefisien determinasi menghasilkan besarnya pengaruh product, price, place, promotion, process, physical evidence dan people secara bersamaan terhadap loyalitas konsumen pada Bimbingan Belajar Pancaran Ilmu Padang adalah 52,6%.

References

Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.
Andriana. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah BMT Beringharjo Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/12965/ 1/BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dalimunthe, Gallang Perdhana. 2011. Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan (Sebuah Studi Kasus di Braga Music School Bandung). http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/ handle/123456789/1596/content.pdf?sequence=1
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, Christoper; Wirtz, Jochen; Mussry, Jacky. 2012. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
______. 2012. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Rangkuti, Freddy. 2011. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Sarwono, Jonathan. 2009. Panduan Lengkap Untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Setiawardi, Aripin. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan di Taman Air Panas Darajat Pass. http://sttgarut.ac.id/jurnal/ index.php/kalibrasi/article/download/117/104
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuisioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Cetakan Kedua. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Husaini. 2013. Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Published
2015-05-11
How to Cite
MAYASARI, Hesti -; DIANA, Mira -; ALBAR, Berri Brilliant. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Loyalitas Konsumen di Bimbingan Belajar Pancaran Ilmu Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 56-70, may 2015. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/163>. Date accessed: 24 apr. 2024.