Pengaruh Marketing Stimuli terhadap Keputusan Peresepan Dokter di Kota Padang

  • Rahmat - Hidayad Universitas Tamansiswa Padang
  • Febriani - - Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Brilliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Dokter sebagai decider memiliki pengaruh mutlak dalam keputusan pasien dalam memilih obat untuk penyakitnya. Dalam peresepan, seorang dokter menghadapi berbagai variabel yang mempengaruhinya dalam memilih obat yang tepat berdasarkan diagnosanya terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa marketing stimuli dari pemasar terhadap keputusan peresepan dokter di Kota Padang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Keputusan peresepan (Y) merupakan variabel terikat, sedangkan strategi produk (X1) dan promosi (X2) merupakan variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah dokter Specialist Pediatric di kota Padang yang datanya diambil dari Sekretariat IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Dengan total sampling diperoleh 22 orang. Dari hasil penelitian terlihat bahwa variabel strategi produk (X1) dan variabel promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan peresepan (Y). Pada uji F terlihat bahwa strategi produk dan promosi berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap keputusan peresepan dokter sebesar 604,744. Pada analisis koefisien determinasi terlihat bahwa besarnya hubungan strategi produk dan promosi terhadap keputusan peresepan dokter adalah 98,3%

References

Anief, Moh. 2004. “Ilmu Meracik Obat, Teori dan Praktik”. Cetakan Ke 11. Yogyakarta : Penerbit Gadjah Mada Univeresity Press.
Arikunto, Suharsimi. 1999. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
------. 2005. “Manajemen Penelitian”. Cetakan Ke 7. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Kotler, Philip. 2002. “Manajemen Pemasaran”. Jilid I Edisi Millenium. Jakarta. : Prehallindo.
------. 2005. “Manajemen Pemasaran”. Jilid I Edisi 11. Jakarta : Penerbit PT Indeks.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2003. “Dasar-Dasar Pemasaran”. Jilid I Edisi 9. Jakarta : Penerbit PT Indeks.

------. 2008. “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Jilid I Edisi 12. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, P. dan Keller Kevin. L. 2012. “ Marketing Manajemen”. 14th Ed. New Gersey : Prentice.
Lamb, Charles. W, et al. 2001. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. “Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS”. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Peter, J. Paul dan Jerry, C. Olson. 2005. “Costumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Alih Bahasa oleh Damos Sihombing. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Priyatno, Duwi. 2010. “Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS”. Yogyakarta : Media Kom.
Rangkuti, Freddy. 2007. ”Riset Pemasaran”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rochaety, Eti. 2006. “Sistem Informasi Manajemen Pendidikan”. Penerbit Bumi Aksara.
Sugiyono. 1999. “Metode Penelitian Administrasi”. Bandung : CV. Alfabeta.
------. 2005.” Metode Penelitian Bisnis”. Bandung : CV. Alfabeta.
------. 2011.” Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : CV. Alfabeta.
Sutojo, S. dan E. J. Aldridge. 2005. “Good Corporate Governance Tata Kelola Perusahaan yang Sehat”. Jakarta : Penerbit Damar Mulia Pustaka.
Tjiptono, Fandy. 2004. “Strategi Pemasaran”. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
2015-05-11
How to Cite
HIDAYAD, Rahmat -; -, Febriani -; ALBAR, Berri Brilliant. Pengaruh Marketing Stimuli terhadap Keputusan Peresepan Dokter di Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 71-87, may 2015. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/164>. Date accessed: 24 apr. 2024.