Pengaruh Marketing Stimuli terhadap Keputusan Peresepan Dokter di Kota Padang
Abstract
Dokter sebagai decider memiliki pengaruh mutlak dalam keputusan pasien dalam memilih obat untuk penyakitnya. Dalam peresepan, seorang dokter menghadapi berbagai variabel yang mempengaruhinya dalam memilih obat yang tepat berdasarkan diagnosanya terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa marketing stimuli dari pemasar terhadap keputusan peresepan dokter di Kota Padang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Keputusan peresepan (Y) merupakan variabel terikat, sedangkan strategi produk (X1) dan promosi (X2) merupakan variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah dokter Specialist Pediatric di kota Padang yang datanya diambil dari Sekretariat IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Dengan total sampling diperoleh 22 orang. Dari hasil penelitian terlihat bahwa variabel strategi produk (X1) dan variabel promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan peresepan (Y). Pada uji F terlihat bahwa strategi produk dan promosi berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap keputusan peresepan dokter sebesar 604,744. Pada analisis koefisien determinasi terlihat bahwa besarnya hubungan strategi produk dan promosi terhadap keputusan peresepan dokter adalah 98,3%
References
Arikunto, Suharsimi. 1999. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
------. 2005. “Manajemen Penelitianâ€. Cetakan Ke 7. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Kotler, Philip. 2002. “Manajemen Pemasaranâ€. Jilid I Edisi Millenium. Jakarta. : Prehallindo.
------. 2005. “Manajemen Pemasaranâ€. Jilid I Edisi 11. Jakarta : Penerbit PT Indeks.
Kotler, P. dan G. Armstrong. 2003. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€. Jilid I Edisi 9. Jakarta : Penerbit PT Indeks.
------. 2008. “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Jilid I Edisi 12. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, P. dan Keller Kevin. L. 2012. “ Marketing Manajemenâ€. 14th Ed. New Gersey : Prentice.
Lamb, Charles. W, et al. 2001. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Nugroho, Bhuono Agung. 2005. “Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSSâ€. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Peter, J. Paul dan Jerry, C. Olson. 2005. “Costumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaranâ€. Alih Bahasa oleh Damos Sihombing. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Priyatno, Duwi. 2010. “Paham Analisis Statistik Data dengan SPSSâ€. Yogyakarta : Media Kom.
Rangkuti, Freddy. 2007. â€Riset Pemasaranâ€. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rochaety, Eti. 2006. “Sistem Informasi Manajemen Pendidikanâ€. Penerbit Bumi Aksara.
Sugiyono. 1999. “Metode Penelitian Administrasiâ€. Bandung : CV. Alfabeta.
------. 2005.†Metode Penelitian Bisnisâ€. Bandung : CV. Alfabeta.
------. 2011.†Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung : CV. Alfabeta.
Sutojo, S. dan E. J. Aldridge. 2005. “Good Corporate Governance Tata Kelola Perusahaan yang Sehatâ€. Jakarta : Penerbit Damar Mulia Pustaka.
Tjiptono, Fandy. 2004. “Strategi Pemasaranâ€. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Click for JMK's Copyright and License Statement