Pengaruh Retail Mix pada Keputusan Memilih Swalayan Budiman Sawahan Padang

  • Selvi - Wahyuni Universitas Tamansiswa Padang
  • Hesti - Mayasari Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Brilliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel retail mix terhadap keputusan memilih swalayan Budiman Sawahan Padang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu location (X1), merchandise assortment (X2), pricing (X3), communication mix (X4), store design and display (X5), dan customer service (X6) serta variabel dependen adalah keputusan memilih (Y). Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode menyebarkan kuisioner kepada 110 responden. Untuk teknik anlisis data menggunakan metode regresi linear berganda Y=20,764 -0,133 X1 + 0,608 X2 + 0,521 X3 + 0,021 X4 + 0,333 X5 + 0,321 X6 + e, dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel merchandise assortment, pricing, store design and display, dan customer service yang berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan location dan communication mix tidak berpengaruh signifikan dengan perhitungan t hitung yaitu variabel location (-1,056), merchandise assortment (2,816), pricing (2,047), communication mix (0,193), store design and display (2,028) dan customer service (2,172). Uji F diketahui secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y). Nilai R Square (Koefisien Determinasi) diperoleh sebesar 0,481 atau 48,1%

References

Adji, Pricilia. 2013. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankarto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Volume 1, Nomor 3 . 1 - 10
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Beneke, Jutin. 2011. A Path Way To Commitment in the South African Supermarket : An Exploratory Study. KCA Journal of Business Management . Vol 3. No 1
Berman, B. and Evans, J.R. 2004. Retailing Management. 9th. Pearson Education Internatonal
. 2007. Retail Management : A Strategic Approach. 10th. New Jersey : Prentice Hall
. 2010. Retail Management : A Strategic Approach. 11th. New Jersey : Prentice Hall
Dunne, Lusch, Griffith. 2008. Retailng. New York : South-Western, A Division Of Thomson Learning
Fadly. 2014. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Eramart di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Volume 2. Nomor 2. 1-14
Green, S.B. 1991. Haw Many Subjects Does It Take To Do a Regression Analysis ? Multivariate Behavioral Research, 26, 499-510
Kotler & Armstrong. 2009. Marketing. 9th. Pearson Internatonal Edition
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa . Edisi Kedua . Jakarta : Salemba Empat
Levy, M. and Weitz, Barton A. 2004. Retailing Management. 7th. New York : McGraw-Hill Irwin
. 2009. Retailing Management . New York : McGraw-Hill Irwin
. 2012. Retailing Management. New York : McGraw-Hill Irwin
Malhotra, M.K . 2012. Basic Maeketing Research. 4th. New Jersey : Pearson Prentice Hall Intl
Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel . Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Melisa, Yuda. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Mega Prima Swalayan Payakumbuh. Jurnal Manajemen Pemasaran Negeri Padang. Volume 1. Nomor 3. 1-20
Nirmala, Yunita S. 2013. Pengaruh Retail Mix Terhadap Tingkat Kunjungan di Toko Ken N So Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Volume 1. Nomor 2. 1-9
Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta : Andi
Sarwono, Jonathan. 2005. Teori dan Praktik : Riset Pemasaran dengan SPSS. Yogyakarta : Andi
Schifman dan Kanuk. 2004 . Consumen Behavior. 8th. New Jersey : Prentice Hall.
Schifman, I.G. & Leslie L.K. 2004. Consumer Behavior.8th. Now Jersey : Prentice Hall.
Simamora, B. 2004. Riset Pemasaran : Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung : Sinar Baru
Sulivan, Malcolm & Adcock, Dennis. 2002. Retailing Marketing. London : Thomson
Tjiptno, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset
Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel. Strategi Dan Implementasi Ritel Modern. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat
Published
2015-09-17
How to Cite
WAHYUNI, Selvi -; MAYASARI, Hesti -; ALBAR, Berri Brilliant. Pengaruh Retail Mix pada Keputusan Memilih Swalayan Budiman Sawahan Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 37-53, sep. 2015. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/174>. Date accessed: 06 nov. 2024.