PERANAN BUSINESS PLAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK NESTLE (Survey Pada Perusahaan Distributor PT. Mungil Sejahtera Cirebon)

  • Adie Irwan Kusumah Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Masyarakat wilayah III Cirebon sebagian besar masyarakat yang konsumtif, sehingga perusahaan distributor Kota Cirebon dapat berkembang, bahkan dapat berkompetisi dan bertahan dalam mengembangkan usahanya tergantung pada ide-ide atau gagasan  secara berkesinambungan,bagaimana meningkatkan penjualan terutama bagaimana menentukan strategi bisnis dengan biaya yang lebih murah. Apalagi jika pengelolaan bisnis meniadakan planning sama sekali. Konsep business plan yang dilakukan oleh PT. Mungil Sejahtera Cirebon adalah dalam bentuk kerjasama antara PT. Mungil Sejahtera Cirebon dengan Toko Surya Group. Dimana kerjasama ini menyangkut hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Hasil pengujian hipotesis nilai thitung sebesar 9,899 dan tabel ttabel pada df 7 sebesar 2,365. Ini berarti  thitung > ttabel atau 9,899>2,365 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya bahwa adanya peranan business plan dalam meningkatkan penjualan produk pada PT. Mungil Sejahtera Cirebon, dengan demikian hipotesis terbukti. Sedangkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,975, sedangkan nilai koefesien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,951 atau 95,10%.

References

Buchari Alma, 1998, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Bandung : CV. Alfabets.
------------------, 2010, Pengantar Bisnis, Bandung : CV. Alfabets.
Basu Swastha, Azas-azas Marketing, Edisi Ketiga, Cetakan Kedua, Jakarta, 1998.
Basu Swastha DH, dan Irwan, 2000, Azas-azas Marketing, Edisi Kedua, Cetakan ketiga, Yogyakarta, Liberty
Fred David, 2009, Manajemen Strategis : Konsep Edisi 12, Jakarta : Salemba Empat.
Hisrich, 2005, Kewirausahaan Edisi 7, Jakarta : Salemba.
Horngren, datar-foster, , Akuntansi Biaya 1 Edisi 11, Jakarta :PT Indeks Puri Media Kembangan
Jeff Madura, 2007, Introduction To Business, Jakarta : Salemba Empat.
Kotler Philip, 1995, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Jaka Wasana, Jilid Satu dan Dua, Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta.
------------------,1996, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian), Terjemahan Drs. Jaka Wasana MSM, Institut dan Pembinaan Manajemen, Jilid I, Edisi Kelima, Erlangga, Cetakan Ketujuh, Jakarta,
------------------, 2004, Manajemen di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian), terjemahan A.B Susanto, Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta,
Kotler Philip, Asmtrong 2000, ”Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian”, Edisi Keenam, Erlangga, Jakarta.
Radiosunu, 2000, Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis Perencanaan dan Pengendalian . Jakarta: Erlangga.
Stanton, William J. Buskrik, Richard H,1980, Taktik dan Strategi Pemasaran, Alih Bahasa D.H. Gulo, Penerbit ANS Sungguh Bersaudara, Jakarta
Sugiyono, 2003, ”Metode Penelitian Bisnis”, Bandung: CV Alfabeta.
Suryana, 2006, Kewirausahaan: Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi 3, Jakarta : Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta : ANDI
Tunggal, 2010, Kamus Manajemen Strategik, Bandung : Rineka Cipta
Usry, Carter,2000 , Akuntansi Biaya 1 Edisi13, Jakarta : Salemba Empat.
Published
2015-09-17
How to Cite
KUSUMAH, Adie Irwan. PERANAN BUSINESS PLAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK NESTLE (Survey Pada Perusahaan Distributor PT. Mungil Sejahtera Cirebon). Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 54-67, sep. 2015. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/175>. Date accessed: 29 apr. 2024.