Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada CV. Jaya Herbal Cabang Padang

  • Elfitri Santi Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Perilaku konsumen sangat erat hubungannya dengan keputusan pembelian, baik keputusan pembelian yang dilakukan oleh orang perorangan, kelompok maupun organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka baik terhadap kebutuhan terhadap barang maupun jasa. CV. Jaya herbal adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam pemasaran obat diabetes yang berbentuk kapsul yang diberi merek An-Nissa kapsul. Jamu An-Nissa dikemas dalam sebuah botol yang berisi 60 buah kapsul dan baru berdiri sejak tahun 2005. Apakah seorang konsumen benar-benar memperhatikan harga dalam memutuskan untuk membeli obat diabetes keluaran CV. Jaya Herbal dengan merek An-Nissa kapsul dan apakah promosi penjualan berpengaruh dalam keputusan membeli An-Nissa kapsul. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kuantitatif kausalitas, karena dilihat dari tujuan utama dari variabel yang akan diteliti ini adalah untuk melihat hubungan sebab akibat dari fenomena atau pemecahan masalah yang diteliti untuk melihat sebarapa jauh pengaruh variabel harga dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil dari jawaban deskripsi responden, diperoleh Tingkat Capaian Responden (TCR) 73,65% (cukup). Sedangkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0.606 (sig = 0.000). Pada tingkatan signifikan 0.000 < 0.05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Pada uji hipotesis diperoleh = 4.073 dan nilai = 1.6679. Dengan demikian > , maka H ditolak dan H diterima, artinya harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Jamu An-Nisaa di Kota Padang. Hipotsis pertama didapat hasil bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Jamu An-Nisaa di Kota Padang. Hipotesis kedua adalah Biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Jamu An-Nisaa di Kota Padang. Berdasarkan hasil analisa regresi logistik diperoleh koefisien regresi sebesar 0.033 (sig = 0.203). Pada tingkatan signifikan 0.203 > 0.05 artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Pada uji hipotesis diperoleh = 1.420 dan nilai = 1.6672. Dengan demikian < , maka   H diterima dan H ditolak. Jadi biaya promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Jamu An-Nisaa di Kota Padang.

References

Almanik, 2008. Pengaruh Harga dan kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang air Asia di Kota Padang. Skripsi. FE. UNP : Tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi 5. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Lincolin (1998). Ekonomi Manajerial, Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajemen Bisnis. Yogyakarta : BPFE

Authors: Lumbanbatu, Juni Riantro, Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan

Advisors: Dr. Beby Karina Fawzeea, SE, MMURI: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/16279

Dido Saputra, 2009. Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Kartu XL di Kota Padang. Skripsi, FE. UNP : tidak diterbitkan.

Idris. 2006. Pelatihan Analisis SPSS. Padang. Himpro Manajemen Fakultas Ekonomi UNP

Kotler, Philip. 1991. Marketing, Analisis, Planning, Implementation and controlling. Terjemahan Jaka Wasana. Jakarta: Erlangga.

__________. 2001. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Kontrol. Terjemahan Hendri Teguh dan Rony A. Rusli. Jakarta: Perhalindo.

__________. 2005. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Benyamin Molan Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip & Kevin Lare Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Dua Belas Jilid 1. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

Mowen, John C dan Michael Minor. 2002. Consumer Behaviour. Alih Bahasa Lina Salim. Jakarta: Erlangga.

NIA PAYOGA; 21200860, yang berjudul Pengaruh Promosi Penjulalan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Pt.wom Finance Bandung
Permalinkhttp://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-s1-2005-niapayoga2-1982

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behaviour. Alih Bahasa Damus Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Purnama, Lingga. 2000. Strategic Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Ruslan, Rosady. 2004. Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Schiffman, G. Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Alih Bahasa Drs. Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Sigit Soehardi (1982). Marketing Praktis. Aramita, Jogjakarta

Simanora, Bilson. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Swasta Basu, Sukotjo Ibnu (1993). Pengantar Bisnis Modern. Librty, Jakarta

Terry, George.R. Rue, L.W (2003). Dasar-dasar Manajemen. Jakrta; Bumi Aksara

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran (Edisi 2). Yogyakarta.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis Edisi Ke-7. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zulhamdi, 2008. Pengaruh Kualitas, Desain, dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Pemilihan dan Tipe Sepeda Motor Yamaha di Kota Padang. Skipsi. FE. UNP: tidak diterbitkan
Published
2014-01-01
How to Cite
SANTI, Elfitri. Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada CV. Jaya Herbal Cabang Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 60-80, jan. 2014. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/183>. Date accessed: 03 dec. 2021.