Model Pengembangan Sumber Daya Manusia

  • Lenny Hasan Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) sangatla penting dalam organisasi bisnis maupun pemerintahan karena SDM mempunyai peran sebagai pengelola agar sistem tetap berjalan sesuai aturan, maka pengelolaannya tentu harus memperhatikan aspek-aspek penting seperti pengembangan SDM, pendidikan, pelatihan, motivasi dan lain sebagainya. Apapun bentuk serta tujuannya organisasi, perusahaan, lembaga, instansi di buat berdasarkan visi untuk kepentingan SDM dan dalam pelaksanaanya misinya dikelola dan diurus SDM. Dalam organisasi,perusahaan, lembaga, instansi SDM bukan hanya sebagai alat dalam produksi, tetapi juga berperan aktif dalam kegiatan produksi. Saat ini, kedudukan SDM bukan hanya sebagai alat produksi tetapi juga penggerak dan penentu berlangsungnya proses produksi serta segala aktivitas organisasi. Maka dalam rangka pengembangan SDM, sumber daya manusia kini dituntut untuk cepat meyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan lingkungan yang berlangsung cepat.


Untuk itu diperlukan peningkatan kualitas sumber daya   manusia, merupakan tuntutan yang tumbuh dengan perkem­bangan pembangunan yang makin cepat dan kompleks. Perkem­bangan ekonomi, industrialisasi, arus informasi, dan perkem­bangan iptek yang pesat makin menuntut sumber daya manusiayang tinggi kualitasnya. Kemajuan tercermin dari makin tingginya tingkat pendidikan, kesehatan, dan pendapatan penduduk, serta dimilikinya nilai budaya yang berorientasi ke masa depan dan pencapaian prestasi. Adapun kemandirian tercermin dari sikap budaya seseorang,kelompok atau suatu bangsa dalam menghadapi tantangan dengan mendayagunakan seluruh potensi yang ada di dalam diri dan ling­kungan sekitarnya, serta mampu menentukan apa yang terbaik bagi dirinya.


Bangsa yang maju dan mandiri hanya mungkin terbentuk dari ketangguhan kualitas manusia dan masyarakatnya, kekukuhan ekonomi, ketahanan nasional, penguasaan iptek yang didukungdengan upaya mempertahankan serta meningkatkan pembangunanyang berkelanjutan.Pengembangan sumber daya manusia merupakan merupakan salah satu fungsi operasional MSDM yang berisi kegiatan-kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kompetensi manusia melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan kemampuan dan aspek-aspek lainnya. Pengembangan sumber daya manusia ini penting dilakukan karena adanya perubahan baik manusia, teknologi, pekerjaan maupun organisasi.


Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki andil besar dalam menentukan maju atau mundurnya suatu organisasi, perusahaan, lembaga, instansi. Oleh karena itu, kemajuan suatu organisasi, ditentukan pula oleh kualitas dan kapabilitas SDM di dalamnya. Disinilah pentingnya pengembangan SDM dalam suatu organisasi bisnis maupun pemerintahan.

References

Amin Ibrahim. 2003.Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta. Jakarta.

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara. Jakarta. 2008.

Nisjar Karhi dan Winardi. Teori Sistem dan Pendekatan Sistem dalam Bidang Manajemen. Mandar Maju. Bandung. 1997.

Indah Puji Hartatik, S.E., M.M. Mengembangkan SDM. Laksana. Yogyakarta. 2014.Stephen. P. Robbins. Organizational Behaviour. Prentice Hall. New Jersey. 2001.

Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara. Jakarta. 2008.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, Total Quality Manajemen. Andi. Yogyakarta.
2001.

Prof. Dr. Tjutju Yuniarsih dan Dr. Suwatno, M.Si, Manajemen Sumber Daya Manusia, Alfabeta. Bandung. 2011.

Undang-Undang RI Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pustaka Pelajar.
Yogyakarta. 2007.
Published
2014-05-01
How to Cite
HASAN, Lenny. Model Pengembangan Sumber Daya Manusia. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 53-72, may 2014. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/189>. Date accessed: 06 may 2024.