Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Mitsubishi L-300 terhadap Keputusan Pembelian Mobil pada PT. Suka Fajar Padang

  • Masrini Hayati Universitas Tamansiswa Padang
  • Elfianto Yusuf Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Briliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil Mitsubishi L-300 pada PT. Suka Fajar Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah 86 konsumen bisnis yang membeli mobil Mitsubishi L-300 pada PT. Suka Fajar Padang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda, uji t, uji F, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi, sebagai berikut Y = 0,079 + 0,112 X1 +0,847 X2 + e. Hasil penelitian menyatakan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Mitsubishi L-300 pada PT. Suka Fajar Padang dan nilai t hitung (2,089). Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Mitsubishi L-300 pada PT. Suka Fajar Padang dengan nilai signifikan 0,000 dan nilai t hitung (13,046) > t tabel (1,989). Brand image dan kualitas produk secara bersamaan mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap keputusan konsumen untuk membeli mobil Mitsubishi L-300 pada PT. Suka Fajar Padang karena nilai koefisien korelasi linier berganda 0,930. Brand image dan kualitas produk secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Mitsubishi L-300 pada PT. Suka Fajar Padang dengan nilai signifikan 0,000 dan nilai F hitung (266,927) > F tabel (3,107). Besarnya pengaruh brand image dan kualitas produk secara bersamaan terhadap keputusan pembelian mobil Mitsubishi L-300 pada PT. Suka Fajar Padang adalah 86,2%.

References

Aaker, A. David. 2008. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Artos, Joni. 2011. Pengaruh Iklan dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen pada Kartu As (Studi Kasus: Penduduk Komplek Perumahan Cendana Koto Kaciak Mata Air Padang). Skripsi. Padang: Jurusan Manajemen STIE “KBP”.

Assael. 2012. Consumer Behavior. Edisi Bahasa Indonesia. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Ginting, Paham dan Situmorang, Syafrizal Helmi. 2008. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan: USU Press.

Haery, Hasoloan. 2007. Pengendalian Mutu Terpadu. http://sihombing15.files. wordpress.com/2007/12/quality-course-1.pdf

Kotler, Philip and Armstrong. 2012. Principles of Marketing 14E. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, Philip and Keller. 2012. Marketing Management 14ed. New Jersey: Prentice Hall.

Lake, Barry (September 1983). "Improved L300 range". Modern Motor. Sydney, New South Wales: Murray Publishers

Lamb, Charles. W. et.al. 2001. Pemasaran. Buku I Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Manurung, Gustyna. 2012. Pengaruh Harga, Kualitas, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Notebook Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. http://repository.usu.ac. id/handle/123456789/ 31563

Martadiputra, Bambang Avip Priatna. 2012. Populasi dan Sampel. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/Jur._Pend._Matematika/

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Peter, J. Paul. dan Jerry, C. Olson. 2005. Consumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Alih bahasa oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Rahyuni, Widya. 2010. Pengaruh Rancangan, Fitur, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Konsumen Memilih Distro Barcode Jl. Cik Ditiro Medan. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/23275

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, Kanuk. 2010. Consumer Behavior 10ed. New Jersey: Prentice Hall

Sebayang, Melvin A. 2012. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Harian Bisnis Indonesia. http:// repository.usu.ac.id/handle/123456789/33368

Setiadi. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Siagian, Tantri Veria Juliana. 2009. Pengaruh Kualitas Produk Flexy Trendy terhadap Kepuasan Konsumen. http://repository.usu.ac.id/handle/ 123456789/23632

Simamora, Bilson. 2003. Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sinambela, Martha Juniaty. 2012. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Mahasiswa Pelanggan PT. Telkomsel Cabang Medan Pada Manajemen-Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. http://repository.usu.ac.id/handle/ 123456789/34064

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Rosda Karya.

Tarihoran, Liana Maretta. 2010. Pengaruh Harga dan Produk terhadap Keputusan Pemakaian Kartu As Fress pada Mahasiswa Reguler S-1 FISIP USU. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/25649
Published
2017-12-27
How to Cite
HAYATI, Masrini; YUSUF, Elfianto; ALBAR, Berri Briliant. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Mitsubishi L-300 terhadap Keputusan Pembelian Mobil pada PT. Suka Fajar Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 73-87, dec. 2017. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/190>. Date accessed: 01 mar. 2024.