Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Tabungan Simanis PT. BPR Raga Dana Sejahtera Padang

  • Liza Novita Sari Universitas Tamansiswa Padang
  • Elfianto Yusuf Universitas Tamansiswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan secara parsial dan secara bersamaan terhadap keputusan nasabah menabung pada Tabungan Simanis PT. BPR Raga Dana Sejahtera Padang. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian berjumlah 146 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan analisis Koefisien Determinasi. Penelitian dilakukan dengan persamaan regresi linear berganda untuk promosi dan kualitas pelayanan secara bersamaan terhadap keputusan nasabah menabung pada Tabungan Simanis PT. BPR Raga Dana Sejahtera Padang adalah Y = 0,458 + 0,557 X1 + 0,367 X2 + e. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan Nasabah menabung pada Tabungan Simanis PT. BPR Raga Dana Sejahtera Padang dikarenakan t hitung 11,624 > t tabel 1,977 dan nilai signifikansi 0,000 < level of significant 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Tabungan Simanis PT. BPR Raga Dana Sejahtera Padang dikarenakan t hitung 4,950 > t tabel 1,977 dan nilai signifikansi 0,000 < level of significant 0,05. Promosi dan kualitas pelayanan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Tabungan Simanis PT. BPR Raga Dana Sejahtera Padang dikarenakan hasil uji F yang dilakukan menghasilkan nilai F hitung 154,321 > F tabel 3,06 dan nilai signifikansi 0,000 < level of significant 0,05. Nilai koefisien determinasi adalah 0,679 berarti besarnya pengaruh promosi dan kualitas pelayanan secara bersamaan terhadap keputusan nasabah menabung pada Tabungan Simanis PT. BPR Raga Dana Sejahtera Padang adalah 67,9% sedangkan sisanya 32,1% dipengaruhi variabel lainnya.

References

Alma, Buchari. 2004. Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Alma, Buchari. 2007. Bunga Rampai Strategic Manajemen Bisnis Berbasis Hasil Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat., Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Singarimbun, M. dan Effendi, S., (2006), Metode Penelitian Survai, Cetakan Kedelapanbelas, Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Published
2014-09-01
How to Cite
SARI, Liza Novita; YUSUF, Elfianto; CANDRA, Yuni. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada Tabungan Simanis PT. BPR Raga Dana Sejahtera Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 125-143, sep. 2014. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/200>. Date accessed: 03 may 2024.