Analisis Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Kuliah di Universitas Tamansiswa Padang

  • Boyke Benar Universitas Tamansiswa Padang
  • Sepris Yonaldi Universitas Tamansiswa Padang
  • Hafrizal Okta Ade Putra Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promotion mix terhadap keputusan mahasiswa kuliah di Universitas Tamansiswa Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 103 responden, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan observasi dan keperpustakaan. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis structural equation modeling (SEM). Berdasarkan analisis structural equation modeling (SEM) pada indikator advertising, sales promotion, public relation, direct marketing, word of mounth dan event didapatkan bahwa semua indikator promotion mix berpengaruh kearah positif atau signifikan dengan nilai probability < 0,05, sedangkanĀ  Chi_Squarehitung sebesar 3086,861 > Chi_Squaretabel sebesar 31,671 dengan probability (p) sebesar 0,000.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Edisi Revisi. Penerbit Alfabeta.

Ghozali, I. dan Fuad. 2005. Structural Equation Modelling (Teori, Konsep, dan Aplikasi Menggunakan AMOS versi 16. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV. Alfabeta.

Kotler, Philip dan Kelvin L. Keller. 2012. Marketing Manajemen. Jersey : Person Education, inc.

Kotler, Philip dan Amstrong. Gery. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi 13. Jilid 2. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kelvin L. Keller. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi 13. Jilid 2. Penerbit: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan. 2007. Sampel Penelitian . Edisi Kedua. Yogyakarta. Penerbit Hendry.

Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelian Public Reation dan Kominikasi. Jakarta: Raja Garafindo Persada.

Sofyan dan Heri Kurniawan. 2009. SPSS Complete. Cetakan pertama. Jakarta: PT. Salemba Infotek.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke 16, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suntoyo, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk Menggali Konsumen). Yogyakarta: CAPS.
Published
2017-05-15
How to Cite
BENAR, Boyke; YONALDI, Sepris; PUTRA, Hafrizal Okta Ade. Analisis Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Kuliah di Universitas Tamansiswa Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 1-14, may 2017. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/203>. Date accessed: 02 mar. 2024.