Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bank Mandiri Business Banking Area Padang

  • Anissa Rahmayani Universitas Tamansiswa Padang
  • Hafrizal Okta Ade Putra Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Motivasi kerja merupakan faktor yang dapat menggerakkan manusia agar sesuai dengan yang dikehendaki organisasi, sedangkan kepuasan kerja dapat mendorong untuk meningkatkan kinerja karyawan. Maka organisasi tersebut haruslah memahami apa yang menjadi motivasi dan kepuasan bagi karyawan yang bekerja di dalamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling sehingga dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 60 responden, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, angket dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa motivasi kerja yang terdiri dari kebutuhan jasmani, kebutuhan keamanan, serta kebutuhan sosial, dan kepuasan kerja yang terdiri dari gaji, tugas, sikap atasan, rekan kerja, dan promosi mempengaruhi kinerja karyawan di PT. Bank Mandiri Business Banking Area Padang.

References

Bernadin dan Russel. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Armico.

Hasibuan, M.S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara.

Luthans, Fred. 2006, Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nawawi, Hadari. 2007. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: UGM Press.

Mangkunegara, A.A, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani.2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Rivai, Veithzal dan Sagala. 2009. Kepemimpinandan Perilaku Organisasi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia.

Robbins, Stephen P. 2007. Perilaku Organisasi, Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.CV . Bandung: Alfabeta.

Suwardi dan Joko Utomo. 2011. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Setda Kabupaten Pati). Analisis Manajemen. Vol. 5. No.1. Juli 2011. Hal. 75 – 86. Universitas Muria Kudus. Kudus.s
Published
2016-09-27
How to Cite
RAHMAYANI, Anissa; PUTRA, Hafrizal Okta Ade. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bank Mandiri Business Banking Area Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 1-14, sep. 2016. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/208>. Date accessed: 03 may 2024.