Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian gula tebu pada Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 100 responden, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, angket, keperpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefesien deteminasi. Berdasarkan analisis regresi linear berganda, variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian gula tebu pada Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok didapatkan Y = 16.025 – 0,108 X1 + 1,106 X2 + e. Dari hasil uji t yang dilakukan didapatkan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian gula tebu pada Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok dan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gula tebu pada Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok. Dari hasil uji F terbukti bahwa variabel kualitas produk dan harga secara bersamaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian gula tebu pada Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok.
References
Faris dan Enlik. 2011. Bauran Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit PT. Grasindo. Ghozali, Imam. 2008. Apilkasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Diponegoro. Semarang.
Griffin, Jill. 2011. Costumer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Husein, Umar 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler dan Keller. 2012. Marketing Manajemen. Edisi 14. Global Edision Pearson. Prentice. Hal. 184
Kotler dan Keller. 2013. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Jakarta ; Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2010.Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 3. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2013. Principle of Marketing. Edisi 14
Pearson Prentice Hall, New Jersey. Mowen dan Minor. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Edisi 1. Bandung: Alfabeta.
Sumarni dan Soeprihanto. 2010. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Kedua. Jilid Pertama. Bandung: Remaja Posdakarya.
Schiffman, Leon, L. Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Zoelkifli Kasip. Jakarta : PT. INDEKS.
Saladin. 2010. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sekaran, Umar. 2006. Research Methods For Business Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2013. Prilaku Konsumen.Yogyakarta: Cv. Andi Offset.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Managemen Mewujudkan Layanan Prima.Yogyakarta: Penerbit Andi
Click for JMK's Copyright and License Statement