Pengaruh Kualitas Jasa, Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada Bengkel Fery Motor Padang

  • Yudhi Saputra Universitas Tamansiswa Padang
  • Henny Sjafitri Universitas Tamansiswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan diadakan penelitian ini, untuk menganalisis sebarapa besar pengaruh kualitas jasa, lokasi dan word of mouth terhadap minat beli ulang bengkel Fery Motor. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kausatif dan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan orang yang pernah mengunakan jasa bengkel Fery Motor secara berulang yang berjumlah 100 orang dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan analisis  regresi  linier  berganda,  uji  t,  uji  f,  dan  koefisien  determinasi  (R2).  Berdasarkan analisis regresi berganda yang dilakukan pada variabel kualitas jasa, lokasi dan word of mouth  terhadap minat beli ulang bengkel Fery Motor didapatkan tergolong sedang. Hasil pengujian  statistik  menunjukkan  bahwa  variabel  kualitas  jasa  berpengaruh  positif  terhadap minat beli ulang (hipotesis 1 diterima), variabel lokasi berpengaruh positif terhadap minat bei ulang (hipotesis 2 diterima), variabel Word Of Mouth berpengaruh positif terhadap minat beli ulang  (hipotesis  3  diterima),  variabel  kualitas  jasa,  lokasi  dan  word  of  mouth  secara bersamaan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang (hipotesis 4 diterima).   Hasil uji koefisien determinasi (R2)  memberi kontribusi pada variabel kualitas jasa, lokasi dan word of mouth terhadap minat beli ulang sebesar 21,7% dan sisanya 78,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi. . 2009. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua, Jakarta, Salemba Empat.

Rahmawati Setyaningsih, Mangunwihardjo, Suyudi dan Soesanto, Harry. 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi. Vol 4 No 2 hlm 30.

Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa.Malang. Bayumedia. Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : Andi
Published
2016-09-27
How to Cite
SAPUTRA, Yudhi; SJAFITRI, Henny; CANDRA, Yuni. Pengaruh Kualitas Jasa, Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada Bengkel Fery Motor Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 67-76, sep. 2016. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/216>. Date accessed: 03 may 2024.