Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran dan Segmentasi Demografis Terhadap Peningkatan Ekuitas Merek Pemanas Air Kian

  • Ani Nur Susanti Universitas Tamansiswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamansiswa Padang
  • Gus Andri Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran dan Segmentasi Demografis secara parsial dan simultan terhadap Peningkatan Ekuitas Merek Pemanas Air Kian di Kota Pekanbaru. Jenis metodologi penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan statistik inferensial. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 orang. Dari hasilujit dapat diketahui bahwa Bauran Komunikasi Pemasaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan ekuitas merek dan Segmentasi Demografis memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap peningkatan ekuitas merek.Hasil uji F didapatkan Bauran Komunikasi Pemasaran dan Segmentasi Demografis secara bersama - sama berpengaruh positif terhadap Peningkatan Ekuitas Merek dimana Fhitung> F tabel = (53.809 > 316).Begitupun hasil koefisien determinasi dalam penelitian ini didapatkannilai sebesar 0,638, artinyabesarnya pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran (X1) dan Segmentasi Demografis (X2) berpengaruh terhadap ekuitas merek sebesar 63%. Sisanya 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Keller, Kevin Lane, and Philip Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jakarta: Penerbit Erlangga

Knapp, Duane E. 2000. The brand mindset. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Morissan. 2012. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit Kencana Prenada Media Group

Schiffman, G, L. & Kanuk L. 2008. Perilaku konsumen. Edisi ketujuh. Penerbit PT Indeks

Setiadi, Nugroho. 2011. Prilaku konsumen: perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen. Edisi Revisi. Jakarta. Penerbit Kencana Pernanda Media Grup

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Penerbit Alfa Beta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. edisi ketiga. Yogyakarta : Penerbit Andi Yogyakarta

http//google. Com/search?q= jumlah+marek+pemanas air+ diindonesia
Published
2016-05-05
How to Cite
SUSANTI, Ani Nur; CANDRA, Yuni; ANDRI, Gus. Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran dan Segmentasi Demografis Terhadap Peningkatan Ekuitas Merek Pemanas Air Kian. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1-14, may 2016. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/218>. Date accessed: 01 mar. 2024.