Analisis Proses Penerapan Knowledge Management Sebagai Salah Satu Keunggulan Bersaing di Acc (Astra Credit Companies) Cabang Padang
Abstract
Manajemen pengetahuan adalah teknik membangun suatu lingkungan pembelajaran (learning environment), sehingga orang-orang di dalamnya terus termotivasi untuk terus belajar, memanfaatkan informasi yang ada, serta pada akhirnya mau berbagi pengetahuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan manajemen pengetahuan dan menganalisa sumber pengetahuan yang dimiliki perusahaan pada ACC Cabang Padang (Astra). Dari hasil penelitian didapat bahwa faktor geografi perusahaan, efisiensi, dan pemahaman akan pentingnya pengetahuan mendorong perusahaan dalam penerapan manajemen pengetahuan. Sinergi antara elemen SDM, budaya dan teknologi merupakan daerah keberadaan manajemen pengetahuan. Proses penerapan manajemen pengetahuan di ACC merupakan sebuah siklus yang memerlukan adanya SDM yang memiliki Pengetahuan (Knowledge), Gagasan (Idea), Keahlian (Skill) serta Pengalaman (Experience) dan teknologi yang diatur pengelolaannya dalam formula P.D.C.A. Poin yang menjadi kunci utama keberhasilan penerapan manajemen pengetahuan di ACC (Astra) adalah improvement. Sumber pengetahuan yang dimiliki ACC merupakan aktivitas sumberdaya perusahaan yang berbasis database yang mampu menyokong dan memperbaiki performa karyawan. Ini mencerminkan perusahaan benar-benar mengetahui apa permasalahan yang dihadapi dan bagaimana dalam menyikapi permasalahan yang muncul.
References
Anshori, Yusak. (2005). “Analisa Keunggulan Bersaing Melalui Penerapan Knowledge Management Dan Knowledge-Based Strategyâ€, Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 1, No. 2, September 2005: 39-53.
Bray, David A. (2007). “Literature Review - Knowledge Management Research at the Organizational Levelâ€. SSRN-ID991169.
Din, Rosseni dan Aidah Abdul Karim. (2005). “Development Of Human Potential Through Knowledge Management: The Hybrid Strategyâ€.
F.E. Linda (2002). “The relationship between knowledge management and organizational culture: An examination of cultural factors that support the flow and management of knowledge within an organizationâ€, University of Oregon. USA.
Garfield, Stan. (2006). “Ten Reasons Why People Don’t Share Their Knowledgeâ€, Knowledge Management Reviews.
Ghalib, A.K. (2004). â€Systemic knowledge management: Developing a model for managing organisational asssets for strategic and sustainable competitive advantageâ€, Journal of Knowledge Management Practice.
http://uharsputra.wordpress.com/artikel/manajemen-pengetahuan/. (diakses tanggal 30 November 2007 – 30 January 2008).
Kuncoro, Mudrajad. (2005). Strategi: “Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif?â€, Erlangga, Jakarta.
Oracle Costumer Case Study. (2005). â€Astra Credit Companies Builds Strong Staff Relationships with New HR Management Systemâ€. ACC – Oracle.
Porter, Michael E. (1995). Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, (Alih Bahasa: Agus Maulana). Erlangga, Jakarta.
Rangkuti, Freddy. (1999). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sekaran, Uma. (2006). Research Methods for Business, Salemba Empat, Jakarta.
Setiarso, Bambang. (2007). “Penerapan Knowledge Management pada Organisasi: Studi Kasus di Salah Satu Unit Organisasi LIPIâ€.
Click for JMK's Copyright and License Statement