E-Learning: Komunikasi Teknologi Efektif Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

  • Febriani Febriani Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

E-learning merupakan salah satu komunikasi teknologi yang efektif digunakan untuk meningkatkan kualitas Tenaga Kerja Indonesia (TKI) karena merupakan pembelajaran secara online yang dapat diakses dimanapun, kapanpun oleh siapapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui e-learning merupakan komunikasi teknologi yang efektif meningkatkan kualitas tenaga kerja Indoensia khususnya yang berpendidikan rendah yang ingin bekerja ke luar negeri. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sampel dalam penelitian ini adalah calon tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja ke luar negeri. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan koesioner. Hasil penelitian adalah e-learning merupakan salah satu komunikasi teknologi yang efektif digunakan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia khususnya yang berpendidikan rendah. E-learning merupakan pembelajaran yang dilakukan tidak harus berada dalam satu ruangan tetapi dapat dilakukan pada ruangan terbuka yang dapat diakses dimanapun berada sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dan kebosanan dalam pembelajaran sehingga menjadi daya terik dalam pembelajaran. Pembelajaran e-learning dapat dilakukan dengan cara menelusuri situs-situs yahoo dan google serta perpustakaan digital yang menyediakan berbagai macam informasi sehingga efektif digunakan oleh tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas kerja.

References

Courtland L. Bovee and Jhon V.Thill, 2013. Business Communication today, 9th edition, cet 1
Febriani. 2013a, Model Perencanaan Lembaga Tempat Pelatihan dalam Mewujudkan Ekspor Tenaga Kerja yang Profesional, BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.17 No. 1 Juni 2013 Balai dan Pengembangan Ekonomi (BPPE) Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyah Surakarta
Febriani. 2013b, Quality education and skills of Indonesian Labor, Towards Equality Wages in Foreign Countries, Jurnal Ekonomi Pembangunan Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan Vol. I4 No. 2 Desember 2013 Balai dan Pengembangan Ekonomi (BPPE) Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Hasibuan, Zainal A, Prof. Ph.D, 2014 Strategi Implementasi E-Learning di Perguruan Tinggi, Makalah dalam Workshop e-learning bagi Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah X, 2-3 Desember 2013
Munir, 2009, Kontribusi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Vol. 2 No. 2, Desember 2009, Universitas Pendidikan Indonesia.
Mustaji. 2011. Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan dan Kualitas TKI, Makalah Seminar yang disajikan dalam seminar AKAL Interaktif di TB. Gramedia EXSPO Surabaya, tanggal 29 Januari 2011
Primawati, Anggraeni, 2011. Strategi Penggunaan e-TKI Sebagai Wahana Dalam Mengatasi Kesenjangan Informasi, Journal Communication Spectrum, Vol. 1 No. 2 Agustus 2011 Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Yayasan Pendidikan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia (YPKMI)) Padang
Rusidah, Eny, dan Arief Hidayat, 2014 Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Sertifikasi Dosen (Studi Kasus : Kopertis Wilayah Vi Semarang), Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 5 Nomor 2 Agustus 2014 STMIK Propinsi Semarang
Williams dan Sawyer. 2003. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications. London: Career Education
Yazdi, Muhammad, 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Foristek, Vol 2 No. 1 Maret 2012 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Palu Sulawesi Tengah.
Published
2017-09-27
How to Cite
FEBRIANI, Febriani. E-Learning: Komunikasi Teknologi Efektif Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 50-56, sep. 2017. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/240>. Date accessed: 16 apr. 2024.