Pengaruh Merek, Kualitas Produk dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Plester Hansaplast di Kota Padang

  • Putri Imelda Universitas Tamansiswa Padang
  • Hafrizal Okta Ade Putra Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Brilliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh merek, kualitas produk dan kemasan terhadap keputusan pembelian plester Hansaplast di Kota Padang, baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cara melakukan pengujian terhadap hipotesis penelitian. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari konsumen plester Hansaplast. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu unit-unit sampling individual yang dipilih secara acak umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan di atas diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan regresi Y = 0,484 + 0,213X1 + 0,324X2 + 0,621X3. Hal ini berarti bahwa variabel merek, kualitas produk dan kemasan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel merek, kualitas produk dan kemasan mempengaruhi keputusan pembelian. kemudian hasil analisis uji F dapat disimpulkan secara simultan variabel merek, kualitas produk dan kemasan mempengaruhi keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien regresi (Standardized Coefficients Beta) masing-masing, maka dapat diketahui variabel kemasan mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian plester Hansaplast di Kota Padang.

References

Ansel, Howard. C. 2005. Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi. Edisi Keempat. Jakarta: UI Press.

Hervika, K. Pradenta. 2013. Analisis Harga Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Nissan March Di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Kartajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation The Official MIM Academy Course Book. Jakarta: Esesnsi Erlangga Group.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid Satu. Alih Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu. Edisi Ketiga Belas. Alih Bahasa. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

______________________. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Dua. Edisi Ketiga Belas. Alih Bahasa. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Peter, P. dan J.C. Olson. 2010. Perilaku Konsumen dan Marketing Strategy. Jakarta: Salemba Empat.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan Ketiga. Yogyakarta: CAPS.

Suwarni, 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen. Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Swasta, B. dan T.H. Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

_____________. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Published
2016-01-19
How to Cite
IMELDA, Putri; PUTRA, Hafrizal Okta Ade; ALBAR, Berri Brilliant. Pengaruh Merek, Kualitas Produk dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Plester Hansaplast di Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 32-42, jan. 2016. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/263>. Date accessed: 02 may 2024.