Pengaruh Pelayanan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat

  • Stevil Debora Universitas Tamansiswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamansiswa Padang
  • Nurlina Nurlina Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan prima dan profesionalisme kerja secara parsial dan simultan terhadap kepuasan masyarakat. Populasi penelitian ini adalah masyarakat pengguna jasa pelayanan di kelurahan padang sarai tahun 2015 sebesar 3.472 orang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan propotional random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefesien determinasi. Sebelum dilakukan pengujian berdasarkan alat analisis yang digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas, uji valditas dan uji reabilitas semua variabel dinyatakan valid dan realibel. Berdasarkan analisis regresi linear berganda didapat persamaan : Y= 9,385 + 0,262X1 + 0,225X2 + e. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan prima berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan thitung 3,745 > ttabel 1,984. Profesionalisme kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan thitung 2,435 > ttabel 1,984. Pelayanan prima dan profesionalisme kerja secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan Fhitung 15,047 > Ftabel 3,09. Dari hasil koefisien determinasi diketahui kontribusi yang diberikan oleh pelayanan prima dan profesionalisme kerja terhadap kepuasan masyarakat adalah 22,1% sedangkan sisanya sebesar 77,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

References

Adya Atep Barata, 2005. Dasar – dasar Pelayanan Prima. Cetakan 2, Jakarta: PT Alex Media Kompotindo.
Ali Muhammad.(2008).Guru dalam proses mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
A.S. Moenir.2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Jakarta : Bumi
Aksara.
J. Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta
Kunandar. 2007. Guru Profesional (Impelementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.25 Tahun 2004 Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Jakarta.
Rachmadi, 2008, Jurnal :Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RSUD Kabupaten Karimun, Jakarta, Universitas Terbuka.

Rayi Endah. 2008. “Analisis Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Skripsi, Universitas Diponegoro.
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatau Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung.
Sutopo. 2004. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara
Suryo Supraptono. 1998. “Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Dr. Murjani Sampit”. Tesis Magister Rumah Sakit UGM, Yogyakarta.
Umar , Husein. 2011. Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: PT>Gamedia Pustaka Utama.
Published
2016-01-19
How to Cite
DEBORA, Stevil; CANDRA, Yuni; NURLINA, Nurlina. Pengaruh Pelayanan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 43-57, jan. 2016. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/264>. Date accessed: 02 may 2024.