Pengaruh Event Sponsorship dan Membership Terhadap Brand Image Family Futsal

  • Hesti Mayasari Universitas Tamansiswa Padang
  • Muhammar Kadafi Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh event sponsorship dan membership secara bersama-sama terhadap brand image di family futsal baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling, sehingga dari populasi tersebut diambil sebanyak 81 sampel responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan model regresi yang didapatkan adalah Y = 12,193 + 0,166 X1 + 0,851 X2 + e. Dari hasil uji t diperoleh bahwa : Event Sponsorship berpengaruh terhadap Brand Image dan Membership berpengaruh terhadap Brand Image. Dari hasil uji F diperoleh bahwa Event Sponsorship dan Membership berpengaruh terhadap Brand Image dan hasil analisis determinasi diperoleh angka Adjusted R Square sebesar 0,483 atau sebesar 48,3%.


                           

References

Alma, Buchari, 2009, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi. Revisi, Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Andreani, Fransisca. 2007. Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1, p. 1-8.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Boyd, Harper W,dkk, 2010, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga,. Jakarta
Emor, Keizia Laureina. 2016. The Influence Of Loyalty Program Membership Card And Customer Experience On Customer Loyalty At The Urban Gym Aston Hotel Manado
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 19 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Gomez, B.G., and Arranz, A.G., and Cillan, J.G., 2016, The Role Of Loyalty Programs In Behavioral And Affevtive Loyalty, Journal Of Consumer Marketing, Vol. 23, No.7: pp 387-396.
Grey, Marie, Anne dan Kim Skildum. 2006. Event Sponsorship Seri Event Management Event no. 1. Jakarta: Penerbit PPM
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2017.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing (Edisi 13). United. States of America: Pearson
Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition.Pearson. Prentice Hall.
Maatita, Glenn Russell, 2008, Analisis Efektivitas Program Membership Card Dalam Menciptakan Loyalitas Afektif Konsumen Matahari Department Store Di Surabaya
Nursanti, Aida, 2010. Pengaruh Event Sponsorship Terhadap Brand Image Rokok A – Mild Pada PT. Hm Sampoerna Tbk. Cabang Pekanbaru
Peter dan Olson, 2006. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Consumen Behavior. Gelora Aksara Pratama. Jakarta
Peter dan Olson, 2009. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Pratiwi, Made Suci, 2014, Pengaruh Citra Perusahaan, Citra Produk Dan Citra Pemakai Terhadap Keputusan Pembelian Produk Foremost Pada Distro Ruby Soho Di Singaraja, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 2 Tahun 2014).
Ramadhoni. 2015. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Lingkungan Psikososial Kerja Dengan Komitmen Organisasi.
Serli Wijaya, 2009, Implementasi Membership Card Dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Restoran Di Surabaya
Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, Edy. (2011). Sumber Daya Manusia, Edisi 3, Kencana Prenada Media. Grup, Jakarta.
Swasta, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy & Candra Gregorius. 2008. Service, Quality and
Published
2018-05-13
How to Cite
MAYASARI, Hesti; KADAFI, Muhammar. Pengaruh Event Sponsorship dan Membership Terhadap Brand Image Family Futsal. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 36-53, may 2018. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/294>. Date accessed: 12 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jmk.9.2.36-53.2018.