Pemanfaatan Pelepah Kelapa Sawit Sebagai Usaha Kreatif dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Desa Nakau - Bengkulu Tengah

  • Melly Mel Susanti Ekonomi

Abstract


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan secara langsung pada masyarakat terkait pemanfaatan limbah pelapah kelapa sawit sebagai produk yang produktif dan mempunyai nilai jual. Penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan bagaimana proses dan hasil dari pemanfaatan limbah kelapa sawit. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Desa Nakau Kabupaten Bengkulu Tengah.Subjek penelitian yang menjadi sasaran warga desa nakau yang memiliki kebun sawit. Penelitian dilaksanakan dengan cara simulasi pembuatan produk dan dilanjutkan desain secara mandiri. Metode pelaksanaan penelitian terdiri dari: (1) survei lapangan, (3) koordinasi ke desa, (4) sosialisasi, (5) simulasi, dan (6) penyebaran angket respon masyarakat. Alat pengumpulan data terdiri lembar wawancara dan lembar angket respon masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan limbah pelepah kelapa sawit dan petani memiliki solusi atas limbah pelepah kelapa sawit.


 



References

Adi Putranto S, S.P. 2015. Kaya Dengan Bertani Kelapa Sawit (Seri Pertanian Modern)
Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung : Penerbit Alfabeta.
Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta. Hermawan Kartajaya.2010.
Batubara, L. P. 2002. Potensi Biologis Daun Kelapa Sawit sebagai Pakan Basal dalam Ransum Sapi Potong.Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan.Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Jakarta
Fandy Tjiptono, 2002 ,Manajemen Jasa, Penerbit ANDI YOGYAKARTA. Majalah Info Bisnis, Edisi maret-Tahun keVI – 2002
Gardjito.R. dan M. Rauf.2009. Perencanaan Pangan Menuju Ketahanan Pangan dan.Gizi serta Kedaulatan pangan.
Gardjito, M., R. Rauf, H. K. Hendrasty, R. Salfarino, R. Septiani, M. Kurniasari, Amaliah,Y. R. Swasti, R. Nurhayati, dan A. Fajariyah. (2009). Pengelolaan Pangan dan Gizi. Pusat Kajian Makanan Tradisional Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Mulyasa. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Pahan, l. 2008.Panduan Lengkap Kelapa Sawit: Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir. Penebar Swadaya.
Toha, M. 2008. Metode penelitian. Yogyakarta: Media Pressindo
Published
2019-09-27
How to Cite
SUSANTI, Melly Mel. Pemanfaatan Pelepah Kelapa Sawit Sebagai Usaha Kreatif dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Desa Nakau - Bengkulu Tengah. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 30-38, sep. 2019. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/450>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jmk.10.3.30-38.2019.